Welcome To My Blog

Rabu, 13 Juni 2012

Laporan Dengan Judul "Merawat dan Troubleshooting PC"


PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC
DI @GS KOMPUTER SEMARANG

LAPORAN
Diajukan Sebagai Pertanggungjawaban Penulis Dalam
Melaksanakan Praktek Kerja Industri
Teknik Komputer dan Jaringan







Disusun Oleh :

Nama                                    : Tiara Putri Taurina
NIS                                       : 1111781
Kompetensi Keahlian            : Teknik Komputer dan Jaringan

SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 7 SEMARANG
(STM PEMBANGUNAN SEMARANG)
2012

HALAMAN PENGESAHAN
Laporan dengan judul “PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC DI @GS KOMPUTER SEMARANG”  yang ditulis oleh Tiara Putri Taurina ini telah diperiksa oleh Pembimbing Lapangan dan telah disahkan oleh @gs Komputer Semarang.

PadaTanggal               :     Mei 2012
Di                                : Semarang




PembimbingIndustri/Lapangan



ALI



Pimpinan
@GS Komputer Semarang

                                                                                                                            
PRAPTININGRUM

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan dengan judul “PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC DI @GS KOMPUTER SEMARANG” yang ditulis oleh Tiara Putri Taurina ini telah diperiksa oleh Pembimbing Lapangan dan telah disahkan oleh SMK Negeri 7 Semarang.

PadaTanggal               :      Mei 2012
Di                                :     Semarang




  Ketua Program  Keahlian                                                         Guru Pembimbing              



                                                                                                                                   
Hari Seputro,S.Pd,MT                                          HARI SEPUTRO, S.Pd,MT
NIP. 196709211997021002                                              NIP. 196709211997021002             
                                                                                                           
                                                  
Kepala SMK Negeri 7 Semarang


Drs. Edi Drajat Wiarto, M.Pd.
NIP. 196109251988031007




MOTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
1.        Kadang kala, jalan yang sedang kita lalui, tidak sepenting arah yang kita tuju
2.        Kadang kala, jalan yang kita lalui tidak semudah seperti yang kita bayangkan
3.        Kelakuan kita terhadap kehidupan, menentukan sikap kehidupan terhadap kita
4.        Penyesalan akan hari kemarin, dan ketakutan akan hari esok adalah dua pencuri yang mengambil kebahagian saat ini
5.        Janganlah hanya mempelajari apa yang disenangi, tapi senangilah apa yang dipelajari

PERSEMBAHAN
Laporan ini penulis persembahkan kepada :
1.        Ayah dan Ibu tercinta
2.        Teman-teman, sahabat dan pacarku
3.        Keluarga besar SMK Negeri 7 (STM Pembangunan Semarang )
4.        Keluarga besar program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang
5.        Pembimbing dan @gs Komputer
6.        Pembaca yang budiman
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat melaksanakan praktek industri di @gs Komputer Semarang, serta dapat menulis laporan praktek kerja industri yang merupakan pertanggungjawaban setelah melaksanakan praktek kerja industri ini tanpa ada suatu halangan apaapun yang berarti.
Laporan praktek kerja industri ini bukan hanya sekedar usaha dari penulis semata tanpa dibantu oleh berbagai pihak yang terkait. Untuk itu dengan segala hormat penulis sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
1.        Ibu Suryaningrum selaku pimpinan @gs Komputer Semarang yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan prkatek kerja industri
2.        Bapak Drs. Edi Drajat Wirato, M.Pd. selaku kepala sekolah Smk Negeri 7 Semarang yang telah mengijinkan penulis untuk melaksanakan praktek kerja industri
3.        Bapak Hari Seputro, S.Pd, MT selaku Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang yang telah mendukung dan mengijinkan penulis dalam melaksankan praktek kerja industri
4.        Mas Ali sebagai pembimbing penulis di lapangan
5.        Dalam pelaksanaan praktek kerja industri di @gs Komputer Semarang
6.        Bapak Hari Seputro, S.Pd.,MT selaku guru pembimbing yang telah mengarahkan dan membimbing penulis dalam menyusun laporan prkatek kerja industri ini.
7.        Bapak dan Ibu tercinta yang telah memberikan dukungan sepenuhnya kepada penulis.
8.        Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu segala kritik dan saran yang membangun akan selalu diterima dengan senang hati.
Semoga laporan yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat bagi penulis dan almamater SMK Negeri 7 Semarang, maupun para pembaca pada umumnya.


Semarang,  Mei 2012

                                                                                                          Penulis



DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan Industri................................................................................. ii
Lembar Pengesahan Sekolah................................................................................. iii
Halaman Moto dan Persembahan.......................................................................... iv
Kata Pengantar...................................................................................................... v
Daftar Isi............................................................................................................... vii
Daftar Gambar...................................................................................................... xi
Daftar Lampiran.................................................................................................. xiii
BAB I PENDAHULUAN                             
1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Industri....................................................... 1
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri.................................................................... 2
1.3 Tujuan Penulisan Laporan.......................................................................... 3 
 1.4 Alasan Pemilihan Judul
1.5 PembahasanLaporan................................................................................... 4  
1.6 MetodePengumpulan Data......................................................................... 4
1.7 Sistematika Penyusunan Laporan............................................................... 5
BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
     2.1 Sejarah Singkat Perusahaan........................................................................ 7
2.2 Struktur Organisasi..................................................................................... 7
     2.3 Kedisplinan dan Keselamatan Kerja.......................................................... 8
     2.4 Penjualan Komputer dan Accesorisnya...................................................... 8

     2.5 Pelayanan Service Kepada Konsumen....................................................... 8
     2.6 Peraturan dan Tata Tertib........................................................................... 9
     2.7 Denah Lokasi.............................................................................................. 9
     2.8 Administrasi Teknik................................................................................... 11
     2.9 Teknik Pelaksanaan.................................................................................... 11
     2.10 Pelaksanaan Kegiatan di Industri............................................................. 12
     2.11 Macam-macam Pekerjaan......................................................................... 14
BAB III LANDASAN TEORI
     3.1 Pengertian PC............................................................................................. 16
     3.2 Jenis-jenis Komputer.................................................................................. 17
3.2.1 Komputer Analog............................................................................. 17
3.2.2 Mikrokomputer................................................................................. 18
3.2.2 Minikomputer................................................................................... 18
3.2.4 Mainframe Computer....................................................................... 18
3.2.5 Superkomputer................................................................................. 19
     3.3 CaraKerjaKomputer.................................................................................... 19
           3.3.1 Memori/RAM.................................................................................... 19 3.3.2 Pemrosesan        22
           3.3.3 MasukandanHasil.............................................................................. 23
           3.3.4 Instruksi............................................................................................. 27
           3.3.5 Arsitektur........................................................................................... 27
           3.3.6 Program.............................................................................................. 28
          
           3.3.7 SistemOperasi.................................................................................... 30
3.4 Bagian-bagianKomputer................................................................................. 31
           3.4.1 Perangkat Keras................................................................................. 31
           3.4.2 Perangkat Lunak................................................................................ 34
BAB IV PEMBAHASAN
     4.1 Perawatan PC............................................................................................. 36
     4.2 Kondisi Yang Perlu Diketahui dari Komponen......................................... 41
4.2.1 Casing................................................................................................ 41
4.2.2 Disk Drive.......................................................................................... 42
4.2.3 Expansion Card................................................................................. 45
4.2.4 Memori............................................................................................... 47
4.2.5 Power Supply..................................................................................... 48
4.2.6 CPU................................................................................................... 48
4.3 IdentifikasiPenyebabdanBeberapa Cara Mengatasinya....................... 49
4.3.1  Analisa Pengukuran....................................................................... 51

4.3.2 Analisa Suara..................................................................................... 52

4.3.3 Analisa Tampilan............................................................................... 52

4.3.4 Cara Cepat Mengenali Troubleshooting............................................ 53

4.3.5 Mengatasi dan Mendeteksi Kerusakan Pada Komputer.................... 55

BAB V PENUTUP
     5.1 Kesimpulan................................................................................................. 61
     5.2 Saran........................................................................................................... 62
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Denah @gs Komputer..................................................................... 10
Gambar 3.1 Komputer......................................................................................... 17
Gambar 3.2. Komputer Analog........................................................................... 17
Gambar 3.3 Mikrokomputer................................................................................ 18
Gambar 3.4 Mainframe Computer....................................................................... 19
Gambar 3.5 Super Komputer............................................................................... 19
Gambar 3.7 Memori / RAM................................................................................. 20
Gambar 3.8 EDO RAM....................................................................................... 21
Gambar 3.9 DDR  ............................................................................................... 21
Gambar 3.10 DDR II  ......................................................................................... 22
Gambar 3.11 DDR III......................................................................................... 22
Gambar 3.12 Keyboard....................................................................................... 24
Gambar 3.13 Mouse............................................................................................. 24
Gambar 3.14 Pen Input........................................................................................ 24
Gambar 3.15 Scanner........................................................................................... 25
Gambar 3.16 Barcode Reader ............................................................................ 25
Gambar 3.17 Monitor.......................................................................................... 26
Gambar 3.18 Printer............................................................................................. 26
Gambar 3.19 Speaker........................................................................................... 26
Gambar 4.1 Defragment...................................................................................... 38
Gambar 4.2 Casing.............................................................................................. 42
Gambar 4.3 Floppy Disk...................................................................................... 44
Gambar 4.4 CD-ROM......................................................................................... 45
Gambar 4.5 Membersihkan RAM........................................................................ 47
Gambar 4.6 Power Supply................................................................................... 48
Gambar 4.7 Processor ......................................................................................... 49
Gambar 4.8 Proses............................................................................................... 54
Gambar 4.9 System Properties............................................................................. 54
Gambar 4.10 Device Manager............................................................................. 55

 DAFTAR LAMPIRAN

1.      Sertifikat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
2.      Identitas Siswa
3.      Identitas Industri dan Pelaksanaan Prakerin
4.      Daftar Hadir Siswa
5.      Catatan Kegiatan Siswa
6.      Daftar Nilai Prakerin ( Aspek Non Teknis )
7.      Daftar Nilai Prakerin ( Aspek Teknis )
8.      Format Bimbingan Dengan Pembimbing/Instruktur Industri
9.      Format Bimbingan Dengan Pembimbing PRAKERIN di Sekolah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di masa ini sangatlah pesat, hal tersebut jelas terbukti dengan semakin mudahnya manusia melakukan kegiatan-kegiatan yang dahulu sangat tidak mungkin dilakukan menjadi dapat dengan mudah dilakukan, seperti saling bertatap muka walaupun berada di tempat yang ribuan kilometer jauhnya dengan fasilitas webcam, membawa data-data penting yang sangat banyak jumlahnya hanya dalam satu genggaman dengan kemudahan yang diberikan flashdisk, bahkan manusia di zaman ini sedang mencoba menciptakan sebuah alat yang kemapuannya hampir menyamai manusia sendiri yaitu robot, yang dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari, serta masih banyak lagi manfaat yang diciptakan dari perkembangan teknologi yang pesat tersebut.
Komputer merupakan salah satu hasil perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang kini banyak digunakan manusia Komputer banyak digunakan untuk keperluan bisnis, industri, pendidikan, bahkan pribadi. Teknologi yang sejalan dengan penelitian-penelitian yang sekarang dilakukan oleh para ahli menjadikan komputer suatu barang yang semakin berdaya guna bagi kesejahteraan manusia.
Oleh karena itu, untuk membuat dunia komputer menjadi lebih bermanfaat, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkompetensi. Selain itu Sumber Daya Manusia yang handal juga sangat dibutuhkan untuk ikut mengambil bagian dalam memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dunia.
Usaha untuk menciptakan SDM yang handal salah satunya adalah melalui jalur pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan yang kini telah disesuaikan dengan perkembangan IPTEK diharapkan dapat menciptakan SDM yang handal yang memiliki keterampilan yang memadai. Demikian halnya dengan Praktek Kerja Industri ini, yang diharapkan akan dapat membantu meningkatkan mutu IPTEK serta meningkatkan produktifitas dan kualitas kerja dimasa mendatang.
Praktek Kerja Industri dilaksanankan sebagai salah satu kegiatan yang terdapat di Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan wajib diikuti oleh setiap siswa kelas satu sesuai tuntutan kurikulum, agar siswa memperoleh pengalaman yang relevan dibidangnya, berbagai macam pengetahuan mengenai apa saja dan bagaimana dunia industri itu, serta menjadikan jembatan agar siswa dapat lebih dekat lagi dengan dunia industri.
Praktik Kerja Industri ini, diharapkan siswa dapat mengetahui kondisi yang nyata atau keadaan yang sebenarnya di dalam lapangan kerja, sehingga siswa dapat menyesuaikan keadaan yang sebenarnya di lapangan kerja, selain itu Praktik Kerja Industri yang dilaksanakan akan menumbuhkan inisiatif bagi para siswa di lapangan kerja sejak dini.

1.2  Tujuan Praktik Kerja Industri
            Praktek Kerja Industri yang dilakukan oleh siswa kelas satu Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang selama empat bulan mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.      Memperoleh serta menerapkan  telah diperoleh siswa dari sekolah pada dunia usaha atau industri.
2.      Agar siswa mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya serta melatih siswa terjun langsung dalam dunia kerja yang berkaitan dengan teknologi.
3.      Melatih siswa agar memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab dalam melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan sebagai profesinya.
4.      Mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan diri.
5.      Mempersiapkan siswa agar mampu memilih karir dan mampu berkompetensi serta mengembangkan diri.

1.3  Tujuan Penulisan Laporan
Setelah melaksanakan praktek kerja industri, siswa diberikan tugas untuk menyusun laporan dengan tujuan :
1.      Sebagai salah satu materi pembelajaran dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
2.      Sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah maupun dunia industri dimana penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri.
3.      Sebagai bahan masukkan serta revisi bagi industri agar proses belajar mengajar lebih terarah dan efektif.
4.      Meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Indonesia.
5.      Penulis mampu menuangkan ilmu yang didapat selama melakukan Praktek Kerja Industri dalam bentuk laporan sehingga dapat memberikan informasi mengenai dunia industri kepada pembaca.

1.4     Alasan Pemilihan Judul Laporan
Ketika penulis melaksankan praktek kerja industri di @gs Komputer Semarang, jenis pekerjaan yang sering dilakukan pada saat itu cukup banyak, diantaranya, merakit personal computer (PC), service komputer baik hardware maupun software, serta instalasi operating system dan software standar. Namun pekerjaan yang paling sering penulis lakukan adalah men-service  PC agar dapat hidup kembali. Oleh karena itu penulis memilih “PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC DI @GS KOMPUTER ” sebagai judul dalam laporan penulis.

1.5     Pembahasan Laporan
Hal ini penulis akan membahas : perbaikan, perawatan PC, troubleshooting PC.

1.6   Metode Pengumpulan Data
Mengambil data yang digunakan sebagai bahan penyusunan laporan ini, penulis menggunakan metode :
1.      Metode Observasi
Hal ini penulis melakukan observasi / pengamatan pada saat teknisi @gs Komputer yaitu Mas Ali melakukan perbaikan dan perawatan PC lalu mengecek satu persatu komponen pada CPU saat belajar di industri.
2.      Metode Browsing Internet
Hal ini penulis melakukan pencarian informasi melalui mesin pencari seperti intenet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Google dll.
3.      Metode Interview
Hal ini penulis melakukan wawancara langsung dengan mas Ali selaku teknisi di @gs Komputer. Dalam kesempatan tersebut penulis memperoleh berbagai macam informasi mengenai perakitan komputer, cara troubleshooting komputer, seperti dalam pemasangan processor dan heatsink yang berbeda-beda sesuai dengna merek dan tipenya, cara membongkar PC, serta berbagai macam info yang akan dibahas dalam bab pembahasan.
4.   Metode Referensi
Metode ini, penulis mengambil beberapa artikel yang berkaitan dengan langkah-langkah merakit PC.

1.7  Sistematika Penyusunan Laporan
Sistematika penulisan pada laporan ini adalah sebagai berikut :
1.      Bab I : Pendahuluan
Bab ini memuat uraian singkat yang memberikan uraian umum latar belakang praktek kerja industri, tujuan penulisan laporan, alasan pemilihan judul laporan, pembatasan dalam laporan, metode pengumpulan data, serta sistematika dalam penulisan laporan.
2.      Bab II : Tinjauan Umum Perusahaan
Bab ini membahas mengenai hal yang bersangkutan dengan perusahaan yang menjadi tempat praktek kerja industri penulis, seperti : sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi perusahaan terhadap karyawannya.
3.      Bab III : Dasar Teori
Bab ini membahas mengenai hal yang berkaitan dengan dasar-dasar pada bab IV.
4.      Bab IV : Pembahasan
Dalam bab ini dibahas tentang materi utama dalam laporan ini yaitu tentang troubleshooting PC.
5.      Bab V : Penutup
      Bab ini dibahas tentang kesimpulan laporan dan saran.
 
BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Singkat Peusahaan
@gs Komputer yang dirintis  oleh Ibu Praptiningrum  di Semarang sekitar tahun 2005. Berlokasi di Jalan Majapahit No.410 @gs Komputer merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang penjualan komputer, selain itu @gs Komputer juga membuka service komputer. @gs Komputer berasal dari nama teman-teman Ibu Praptiningrum, sebelum didirikan @gs Komputer, didirikan sebuah rental di daerah Tembalang dan kira-kira rental di daerah Tembalang mulai sepi atau banyak saingan Ibu Praptiningrum mulai berinisiatif untuk membuka sebuah rental komputer di daerah Majapahit dan sekarang terbentuklah @gs Komputer di Jalan Majapahit no.410 Semarang.

2.2     Struktur Organisasi
Mencapai tujuan yang telah ditetapkan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, setiap perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas. Sehingga nantinya tidak terjadi kesimpangsiuran dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab. Adapun struktur organisasi @gs Komputer Semarang adalah sebagai berikut :
1.   Pimpinan.
2.   Teknisi.
3.   Administrasi
2.3     Kedisiplinan dan Keselamatan Kerja
Mencapai kedisplinan dan keselamatan kerja yaitu dilakukan dengan cara membuat jadwal peraturan masuk, istirahat dan pulang setelah itu juga menjaga keselamatan kerja dengan membuat kabel tertata dengan rapi menggunakan solasi setelah itu juga menggunakan sepatu agar arus dari komputer dapat disalurkan melalui tanah.

2.4  Penjualan Komputer dan Accesorisnya
            @gs Komputer menjual berbagai macam accesoris seperti flashdisk, earphone, cooling pad, vga card, mouse tarikan, usb hub, tinta suntik/ tinta botol, modem, cardridge printer, computer cable, cardreader, ram, vga, Keyboard, LCD cleaner, cd rom/dvd rom, speaker, power supply, hardisk, dan lain-lain. @gs Komputer juga menjual komputer rakitan yang biasanya dirakit sendiri oleh anak magangan/ penulis atau dibantu dengan teknisi dan biasanya konsumen harus memesan terlebih dahulu karena biasanya barang tidak ready.

2.5     Pelayanan Service Kepada Konsumen
@gs Komputer melayani service komputer baik di toko maupun di luar toko, terkena biaya tergantung dari kerusakan pada komputer yang dialami juga terkena biaya antar sebesar Rp. 50.000. Terkadang @gs men-service komputer di luar yaitu di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di Jalan Pahlawan. Terkadang juga mengerjakan service di toko, tergantung dari kerusakannya jika service laptop bila yang rusak hanya software-nya saja/install ulang dapat dikerjakan, tetapi bila sudah terkena perangkat hardaware-nya biasanya @gs men-service-nya diluar / dikembalikan sesuai dengan  merek laptop / netbook yang di-service.

2.6     Peraturan dan Tata Tertib
@gs Komputer ada sebuah peraturan agar karyawan displin dan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang digelutinya salah satu peraturan yang ada di industri adalah bahwa setiap karyawan datang maksimal jam 08:30 WIB bila terlambat akan dikenai sanksi berupa peringatan ataupun sebuah denda lalu juga ada absensi setiap kali masuk.

2.7     Denah Lokasi
Berada didaerah Majapahit Semarang dekat dengan kampus Wearness kira-kira empat rumah dari kampus tersebut lalu tepatnya berada di Jalan Majapahit No.410. Berikut adalah gambar denah yang dibuat penulis.




  

2.8 Administrasi Teknik
Tempat Prakerin penulis merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang penjualan komputer, accesoris, service komputer dan yang berhubungan dengan komputer, selain itu industri tempat penulis melaksanakan prakerin juga membuka jasa service panggilan.
Berawal dari order pesanan barang konsumen diberikan bagian pengelolaan uang dan barang-barang atau menerima buku penjualan untuk dicatat sebagai transaksi untuk membuat nota penjualan dan membuat salinan dinota untuk diberikan kepada konsumen. Konsumen akan mengeceknya dan kemudian konsumen akan menerima barang yang diinginkan.

2.9 Teknik Pelaksanaan
            Berikut adalah job description, tugas dan jabatan-jabatan yang ada di @gs Computer :
1.      Pimpinan
a.       Bertanggung jawab untuk memimpin perusahaan.
b.      Bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang dan mengeluarkan order pembelian kepada pemasok sesuai dengan keadaan persediaan barang.



2.     Bagian Administrasi dan Kasir
a.       Membuat semua laporan baik yang masuk yang keluar, mencatat dan mengarsipkan data-data, menerima dan mencatat uang masuk dan keluar berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.
b.                             Bertanggung jawab untuk memasarkan produk yang dijual perusahaan dan juga bertanggung jawab  atas segala transaksi penjualan yang terjadi di dalam Perusahaan.
3.     Teknik
a.    Bertanggung jawab untuk pemeliharaan.
b.   Perbaikan didalam perusahaan dan juga untuk diluar perusahaan (pelanggan).

2.10 Pelaksanaan Kegiatan di Industri
Berikut ini pelaksanaan kegiatan penulis selama belajar di @GS Komputer Semarang :
1.        Minggu 1  : Mengecek  monitor, UPS, megidentifikasi   motherboard , merakit PC.
2.        Minggu 2   : Merakit PC, menginstal windows xp, mengecek laptop, memasang UPS, menginstal OS, menginstal aplikasi, mengoperasikan Hiren’s.
3.        Minggu 3   : Troubleshooting, men-stock barang.
4.        Minggu 4   : Menginstal Windows 7, online.
5.        Minggu 5   : Mengoperasikan aplikasi.
6.        Minggu 6   : Mengopersasikan aplikasi.
7.        Minggu 7   : Men-service komputer.
8.        Minggu 8  : Men-stock barang, service di luar (meng-instal office 2007, meng-instal office 2003, instal antivirus seperti instal eset av, instal smadav, instal ccleaner, instal adobe reader).
9.        Minggu 9 : Mengoperasikan aplikasi standart.
10.    Minggu 10 : Service di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di Jalan Pahlawan, meng-instal windows xp, meng-instal aplikasi standart seperti (instal office,instal smadav, instal ccleaner).
11.    Minggu 11 : Service PC diluar (meng-instal ulang windows xp,meng-instal driver printer,meng-instal aplikasi standart seperti (instal office,instal smadav, instal ccleaner).
12.    Minggu 12 : Meng-instal di Subdinas Kepengawasan pada CPU (intel Pentium 4 CPU 2.00 Ghz). Instal ulang windows xp, meng-instal aplikasi standart seperti (instal office,instal smadav, instal ccleaner). CPU pentium4 2.40 Ghz = Ganti motherboard , ganti Vga Card, Instal ulang windows xp, instal aplikasi standart, sharing printer.
13.    Minggu 13 : Di Subdinas Kepengawasan lantai 3 pada CPU  Pentium 4 2,40 Ghz = ganti hardisk 40 GB, instal ulang windows xp, instal winrar, instal smadav rev 8.9 pro, instal ccleaner, instal mozilla firefox, google chrome dan menginstal browser lainnya, instal office 2003, ganti power supply, instal wimanp, instal winrar, instal foxin reader, instal net framework 3,5 SPI, instal eset
14.    Minggu 14 : Izin KBT.
15.    Minggu 15 : Membuat laporan magang, online, troubleshoting PC, meng-update smadav, instal aplikasi avira.
16.    Minggu 16   : Membuat laporan magang.

2.11 Macam-Macam Pekerjaan
Macam-macam pekerjaan yang dilakukan penulis selama di tempat prakerin sangat bermacam-macam yaitu :
1.      Troubleshooting
Penulis mencoba untuk mengidentifikasi kesalahan pada PC, seperti bila PC mati disebabkan karena apa.
2.      Membersihkan komponen pada PC
Membersihkan komponen pada PC saat merakit ataupun saat melakukan troubleshooting walaupun terlihat tidak penting namun kebersihan pada komponen PC juga mempengaruhi kecepatan atau kinerja PC dan sangat mempengaruhi kerusakan PC.
3.      Perakitan PC
Membersihkan PC, penulis juga diberi tugas untuk merakit PC Sebelum meng-instal ulang sebuah PC , instruktur prakterin mengajarkan dan menganjurkan pada penulis untuk mem-backup data, agar data yang penting bagi pelanggan tidak hilang atau bila sebuah OS terlanjur rusak atau tidak bisa dijalankan kita menggunakan bantuan program Hirenboot.

4.      Meng-instal OS
Meng-instal di tempat prakerin penulis juga diajarkan bagaimana cara menginstal OS tapi yang sering dilakukan adalah meng-instal windows xp dan windows 7.
5.      Menginstal Software
Banyak pelanggan yang meminta untuk menginstal software di tempat penulis melaksanakan prakerin ataupun saat men-service diluar seperti men-ginstal Ccleaner, Browser (Mozilla Firefox), meng-instal Microsoft Office (dari office 2003-2007),men-ginstal Winrar, meng-instal Winamp, serta berbagai macam software pada umumnya yang digunakan untuk kepentingan pelanggan.
6.      Mengoperasikan Software
Instruktur prakerin penulis telah mengajarkan bagaimana cara untuk menggunakan software yang dapat menunjang performa komputer ataupun software untuk pekerjaan/hiburan, sebagai contoh menggunakan Hirenboot.
7.    Ikut Men-service Langsung di Tempat Pelanggan
Beberapa hari pada saat penulis melaksanakan prakerin, instruktur prakterin mengajak penulis untuk langsung men-service ditempat pelanggan , seperti di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di Jalan Pahlawan.
8.      Mengoperasikan Aplikasi



BAB III
LANDASAN TEORI

Zaman globalisasi atau modern ini teknologi berkembang dengan pesat. Dulu semua orang menggunakan alat ketik manual sebagai media tulis. Sekarang sudah dikembangkan menjadi seperangkat komputer dengan teknologi yang lebih canggih daripada mesin ketik manual. Tidak hanya itu, semua peralatan yang berhubungan dengan komputer pun ikut berkembang termasuk program – progam yang ada. Bertambah canggihnya suatu komputer (hardware-software) pasti memiliki kelemahan yang dapat berdampak pada PC atau laptop kita menjadi lambat. Identifiksasi awal saat ingin mengatasi troubleshooting antara lain dengan memperhatikan hardware dan software. Selanjutnya, mengecek piranti-piranti yang ada pada PC.

3.1 Pengertian PC
Pengertian Komputer dilihat dari beberapa aspek mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Namun secara umum komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input , mengolah input , memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
12a4b456143a849cf128869590592920
Gambar 3.1 Komputer

3.2    Jenis Komputer
3.2.1 Komputer Analog
Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Output  komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung. Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal. Kekurangan jenis komputer ini terletak pada ketepatannya bila dibanding dengan komputer digital.
Gambar 3.2 Komputer Analog
3.2.2 Mikrokomputer
Macam-macam mikrokomputer :
1.        Komputer rumah (home komputer).
2.        Komputer pribadi (PC).
3.        Server.
                    Gambar 3.3 Mikrokomputer

3.2.3 Minikomputer
Komputer mini adalah komputer yang kemampuan mengolah datanya berada pada level sedang. Kapasitas prosesornya sangat besar dan digunakan untuk kebutuhan multiuser, yang memungkinkan akses oleh beberapa pengguna dalam waktu bersamaan ke sistem operasi atau aplikasinya.

3.2.4 Mainframe Komputer
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.

Gambar 3.4 Mainframe Komputer
3.2.5 Superkomputer
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.
Gambar 3.5 Super Komputer
3.3 Cara Kerja Komputer
3.3.1 Memori/RAM
RAM (Random Access Memory) dalam komputer berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan sebuah aplikasi.
Sebagai gambaran agar mudah dimengerti, saat komputer dihidupkan, prosesor mengambil data dari harddisk . Akan tetapi, umumnya harddisk  lamban untuk menyediakan data yang diminta oleh procesor, sehingga di sini dibutuhkan kehadiran RAM untuk membantu penyediaan data yang diminta memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
1.      Tercepat    : Chace Memory dan Main Memory.
2.      Terlambat : Sekunder Memory.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama, agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
images (5)
Gambar 3.6 Memori/RAM

1.      Jenis-jenis RAM
a.       EDO RAM (Enchanced Data Output  RAM), dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1)      Mesti dipasang berpasang-pasangan.
2)      1 notch (alur pada kaki RAM).
3)      Digunakan pada komputer lama (90an).
EDO RAM
Gambar 3.7 EDO RAM

b.      DDR RAM (Double Date Rate RAM), dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1)      184 pin.
2)      I notch.
3)      Kelajuan : 266 Mhz (PC2100), 333 Mhz (PC2700), 400 Mhz (PC3200).
DDR 1
Gambar 3.8 DDR

c.       DDR II, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1)      240 Pin.
2)      1 Notch (tetapi berbeda dengan DDR, lubang notch ke kiri sedikit).
3)      Kelajuan : 533 Mhz (PC4200), 667 Mhz (PC5300), 800 Mhz (PC6400).
4)      Kapasitas Maksimum : 2 GB.
DDR2 
Gambar 3.9 DDR II 

d.      DDR III, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1)      240 Pin.
2)      1 Notch ( tetapi berbeda dengan DDR dan DDR 2, lubang notch lebih       kekiri lagi ).
3)      Kelajuan :133 Mhz (PC10666).
4)      Kapasiti Maksimum : 4 GB.
ddr3 
Gambar 3.10 DDR III

3.3.2 Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input  , Output  dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.

3.3.3 Masukan dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Perangkat input  berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkat input/Output  terutama dengan perkembangan sistem artificial intelligence dimana komputer dan manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif.
Output  yang dihasilkan dari pengolahan pada komputer dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk. Tulisan (huruf, kata, angka, karakter khusus dan symbol-simbol). Image (grafik atau Gambar). Suara dalam bentuk musik atau suara lainnya. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.
1.   Macam macam perangkat input  :
a. Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari 0-9, karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain F1-F12, tombol windows. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan perintah ke sistem komputer. Bentuk Keyboard pada awalnya meniru dari bentuk tombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari Keyboard saat ini sama persis dengan mesin ketik.
images (7)
Gambar 3.11 Keyboard
b. Mouse
Mouse merupakan peralatan input  yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer pada layar komputer.

images (8)
Gambar 3.12  Mouse
c. Pen Input
Pen input  merupakan jenis perangkat input  yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripada menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis atau menggambar.
images (9) 
Gambar 3.13 Pen Input
d. Scanner
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar,foto,tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, Handy Scanner (dipegang dan digerakan dengan tangan), dan Flatbed Scanner (serupa mesin fotokopi).
images (10)
Gambar 3.14 Scanner
e. Barcode Reader
Biasa digunakan di supermarket untuk membaca label barang.
12a4b456143a849cf128869590592920
Gambar 3.15 Barcode Reader
2.      Macam macam perangkat Output  :
a.       Monitor
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan juga lebih bagus.
images (11)
Gambar 3.16 Monitor
b.      Printer
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dilihat dan dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas, yaitu Dot-Matrix Printer, Inkjet Ptinter, dan Laser Printer.
images (12)
Gambar  3.17 Printer
c.       Speaker
Mendengarkan hasil rekaman yang sudah ada atau disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dari CD, MP3 atau game.
images (13) 
Gambar  3.18 Speaker

3.3.4 Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah) : di sisi lain, bahasa seperti prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
3.3.5 Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama  mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

3.3.6 Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.
Macam-macam software :
1. Software Games
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis.
Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (massive multiplayer online games), first-person shooters, action games, roleplaying games dan game perualangan.
2.   Software Driver
Program ini mengijinkan kpmputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner dan video cards.
3.   Software Pendidikan
Berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarakan apapun dari kpmputer, melakuakn aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnua seperti kimia.
4.   Media player dan Pegembangan Software Media
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti music atau video.
5.   Software Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnua.
Contoh dari software ini adalah softwre pengolah huruf (ms words), software pegatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
6.   Operating sistem
Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya berjalan.
Contoh dari operating sistem ini adalah windows, mac os dan linux
3.3.7 Sistem operasi
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system : OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.
Waktu berbagi jadwal tugas sistem operasi untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya.
Fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh  populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

3.4 Bagian-bagian Komputer
3.4.1 Perangkat keras
Macam-macam perangkat keras :
1.      Hard drive
Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster . Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan cluster -nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster  dan mencatat alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster  yang digunakan. Oleh sebab itu, VFAT berisi setiap nilai pada setiap cluster  yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster  berada. Terkadang sistem operasi menganggap sebuah cluster  sebagai cluster  yang sedang dipakai, meskipun pada saat itu cluster  tersebut tidak berisi file apapun. Hal ini dinamakan lost cluster , dan pengguna dapat membebaskan cluster  tersebut (yang berarti dapat menambah ruang hardisk) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows.

2.      CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB).
CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.


3.      DVD (Digital Versatile Disc)
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.
Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.

4.      Floppy Disk
Floppy Disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD).
Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.

3.4.2        Perangkat Lunak
Macam-macam Perangkat Lunak :
1.      Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input , Output , pemrosesan, memori, serta instalasi software.

2.      Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.                                                                                                                                                                                                                                           
BAB IV
PEMBAHASAN
Zaman modern ini, penggunaan komputer sudah sangat familiar. Segala umur dapat mengoperasikannya. Penggunaan juga sering tak memperhatikan cara-cara perawatan pada komputer sehingga kadang-kadang dapat menyebabkan komputer menjadi mati dan tidak dapat hidup dikarenakan terdapat masalah/problem yang orang awam kadang tidak mengetahui itu dan kita sebagai calon teknisi masa depan diharapkan dapat mengatasi problem itu. Perawatan pada komputer sangatlah penting karena jika melalaikannya akan dapat mengganggu optimalnya kerja dan bahkan menyebabkan komputer yang kita pakai menjadi mati meskipun itu barang baru kita seharusnya sebagai SDM yang berkualitas kita dapat menggunakan barang itu sebaik-baiknya meski barang itu bekas bila kita dapat merawatnya dengan baik/sesuai dengan aturan komputer yang kita gunakan dapat awet dan sebaliknya bila barang itu baru, bila kita tidak dapat merawatnya dengan baik dapat menyebabkan barang itu rusak bahkan komponennyakan atau komputernya mati. Perawatan pada komputer agar tidak mati sangatlah penting dan berkaitan dengan materi yang penulis akan bahas yaitu Troubleshooting PC  karena jika melalaikannya dapat mengganggu komponen-komponen pada komputer. Banyak hal sebenarnya dari yang sangat sederhana hingga yang membutuhkan obyek-obyek pendukung agar dapat menjaga hidupnya komputer anda. Gangguan-gangguan yang sering terjadi dapat menyebabkan komputer terganggu bahkan menyebabkan matinya komputer, kita tidak boleh menyepelekan gangguan yang terjadi meski gangguan itu kecil dan kita mengganggapnya tidak penting, prepsesi itu salah besar karena dari hal kecil akan menjadi hal besar. Gangguan pada komputer sering terjadi karena kurangnya perhatian pengguna komputer dalam penggunaanya, ini tidak mungkin dapat menyebabkan komputer mengalami kerusakan-kerusakan serius khususunya hingga komputer menjadi mati. Maka dari itu penulis akan membahas bagaimana cara merawat, Troubleshooting komputer agar tidak menyebabkan komputer itu mati ataupun rusak. Dalam bab pembahasan ini kita akan membahas tentang Troubleshooting dan meng-upgrade PC  yang mati, sebelumnya penulis juga akan membahas cara pencegahan agar komputer tidak mati dengan melakukan perawatan.
4.1  Perawatan PC    
Perawatan sangat penting fungsinya untuk PC , komputer itu hampir sama seperti manusia, butuh perawatan dan kasih sayang, bila kita sering melakukan perawatan, maka komputer kita sehat dan terlihat bersih. Berikut langkah yang dapat kita lakukan mengenai cara perawatan yang benar terhadap PC  kita
1.      Defrag  adalah salah satu cara yang paling sederhana tetapi membawa dampak yang besar bagi komputer kita.
Defrag  itu sendiri adalah suatu proses merapikan data pada harddisk  untuk mempercepat pemrosesan data dan meng-optimaslkan kecepatan kerja komputer. Bisa juga dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk . Proses Defrag  ini, biasanya dilakukan pada sistem operasi Windows agar meng-optimalkan kinerja pada harddisk . Memang, para pengguna Windows harus rutin men-Defrag  harddisk  mereka agar kinerja pada harddisk  tidak lemot.
Men-Defrag  harddisk  juga merupakan salah satu kegiatan maintenance komputer dalam hal ini me-maintenance isi harddisk  menggunakan suatu software yang disebut dengan software disk Defrag menter. Software Disk Defrag menter ini berfungsi untuk meng-organize isi harddisk  kita agar jumlah file yang ter-fragmentasi di dalamnya menjadi berkurang.
File-file yang ter-fragmentasi adalah file-file yang terpisahkan oleh suatu jarak di dalam harddisk  kita, jarak-jarak tersebut bisa terjadi karena kita menghapus file-file di dalam harddisk  kita atau karena kita meng-uninstall aplikasi-aplikasi, jadi kegiatan men-Defrag  harddisk  ini tujuannya adalah untuk menghilangkan jarak antar file-file tersebut agar waktu aksesnya menjadi lebih cepat. Waktu akses bisa menjadi semakin cepat karena dengan semakin sedikitnya jarak antar file-file tersebut maka putaran head harddisk  untuk mencari file yang dimaksud pun akan semakin berkurang.
Software untuk men-Defrag  hardisk cukup banyak salah satunya adalah diskeeper, perfecrdisk, auslogiscs disk Defrag  dan obit smart Defrag  tetapi kita juga dapat menggunakan program bawaan windows tidak perlu menambahkan aplikasi.

Gambar 4.1 Defragment
 


2. Ventilasi yang cukup.
Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
3.     Pakailah UPS atau stavolt.
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan hardisk rusak. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
UPS adalah kependekan dari Uninteruptable Power System yaitu batere dengan inverter yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dan penanggung daya untuk beberapa waktu saat padam listrik.
4.      Bersihkan debu yang menempel pada motherboard  dan peripheral lain.
Bagian dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah yang sempit, lakukan juga pada power suply dengan membuka Casing /box power suply terlebih dahulu dan memperhatikan solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang.
5.      Gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor)
Peripheral benar- benar bersih dari debu atau cukup dengan hair dryer (pengering rambut). Lalu atur suhu rendah supaya peripheral tidak meleleh Lepas dan pasang kembali soket soket peripheral. hal ini untuk menjamin koneksi sempurna pada konektor-konektor peripheral. Cukup sekali saja setiap melakukan perawatan PC . Tapi ingat jangan menggunakan cairan kontak Cleaner dalam membersihkan soket-socket konektor peripheral karena cara tersebut tidak sesuai. Cairan Contact  Cleaner sulit sekali kering dan justru membuat debu menempel
6.      Perhatikan pemasangan motherboard  dan peripheral lainya
7.      Ada skrup yang  kurang atau kendor. lengkapi dan kencangkan skrup-skrup tersebut.
8.      Sesuaikan OS dan aplikasi dengan spesifikasi kmputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pda Hardisk. ini akan memperberat kinerja komputer Buatlah partisi hardisk yang  proporsional . misal hardisk 250GB dengan space used C tidak lebih dari 10GB akan lebih baik jika kita buat 3 partisi dengan 50 GB untuk C , 100GB untuk D ,dan 100GB untuk E .Dengan demikian akses untuk system dan loading data akan lebih cepat.
9.      Jangan gunakan PC  untuk game-game berat kecuali komputer anda dirancang untuk Game. kalau memang maniak game gunakan saja playstation.
10.  Gunakan antivirus yang  selalu update jika perlu setiap hari update, dengan adanya antivirus akan membantu merawat PC  kita dari virus-virus yang  sangat merugikan
11.  Gunakan pendingin ruangan untuk PC  agar suhu tidak terlalu panas.
12.  Lakukan instalasi ulang OS dan aplikasi jika dirasa perlu.Tapi jangan sering dilakukan install ulang karena dapat menyebabkan harddisk nya menjadi rusak disarankan menginstal 3 bulan sekali
13.  Seringlah membersihkan sampah di Recycle Bin Selalu melakukan back up pada data yang  dirasa penting
14.  Jangan terlalu lama membiarkan komputermu tidak terpakai (tidak pernah dihidupkan sekali dlm waktu lama), paling tidak minimal setiap hari kmputer dhidupkan 1s/d 2jam, hal ini untuk menghangatkan bagian dlm CPU.
15.  Hindarkan komputer dari guncangan , getaran dan hentakan apalagi saat kompter menyala, hal ini sangat berbahaya karena dpt mengakibtkan kerusakan fatal pada hardisk
16.  Komputer yang  membutuhkan perawatan biasa. seperti akses yang  mulai melambat, sering macet/hang. sering scaning drive C setiap saat komputer dihidupkan , blue screen memory ,bobolnya antivirus, aplikasi yang  sering error  atau tidak berjalan seperti seharusnya dan hal hal lain yang  membuat pengguna tidak nyaman dengan kinerja kmputernya. Langkah-Langkah membersihkan file prefetch : MASUK EXPLORE - masuk C:/ Windows/prefetch - select all (Ctrl-A) - Dell Langkah-Langkah membersihkan file temporary : masuk explore - masuk C:/ windows/temp-select all - Dell setelah ke2 langkah dilaksanakan jangan lupa membersihkan file di recycle bin Untuk membersihkan file chokies anda dapat menggunakan Software Cleaner.

4.2  Kondisi Yang Perlu Diketahui dari Komponen dan Perawatannya
4.2.1 Casing
Casing komputer jarang mengalami gangguan karena fungsinya hanya sebagai tempat atau pelindung dari komponen komputer. Sehingga kondisi yang perlu diperhatikan terletak pada kekuatan dan keindahan case  komputer. Selain itu dalam sebuah case  masih terdapat beberapa kompunen seperti fan, saklar dan led indikator. Mengetahui kondisi dari komponen ini perlu dilakukan pengecekan langusng di dalam case  komputer. Perlu diperhatikan kabel saklar dan led perlu ditata atau diikat dengan rapi, kebersihan dari case  perlu diiperhatikan karena case  sangat mudah kotor dari debu dan sarang serangga. Kotoran tersebut selain menggangu keindahan juga dapat berdampak jelek pada fan dan komponen lain pada motherboard . Sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Alat yang digunakan untuk membersihkan case  komputer cukup dengan kuas atau dengan penyedot debu mini. Bagian sudut terutama bagian depan perlu diperhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat hentakan terutama pada bagian kabel untuk tombol saklar. Pada bagian belakang yang perlu dibersihkan adalah pada bagian ventilasi atau tempat fan. Karena disinilah debu semua mengumpul akibat hembusan angin yang dibawa oleh fan.        
Gambar 4.2 Casing

4.2.2        Disk drive
Mengetahui kondisi diskdrive dapat dilakukan dengan mencoba memasukkan disket. Pastikan disket yang digunakan adalah disket yang bagus dan sudah di coba di diskdrive yang masih bagus. Hasil dari pembacaan disket dapat diamati dari lama tidaknya membaca disket dan suara yang dihasilkan ketika membaca disket. Jika pembacaan file cepat dan suara yang dihasilkan halus maka Disk drive dipastikan masih bagus. Dan jika suara yang dihasilkan sangat keras dan sering mengalami kegagalan dalam membaca file, diskdrive sudah mengalami gangguan sehingga perlu dilakukan pengecekan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam diskdrive yaitu lampu indikator dari disk drive. Lampu indikator ini hanya menyala jika sedang mengakses diskdrive saja. Jika diketahui lampu diskdrive tidak menyala saat mengakses floppy atau menyala terus walaupun tidak mengakses floppy maka dapat dipastikan diskdrive mengalami gangguan.
Macam-macam Disk Drive :
1.    Floppy Drive
Floopy drive atau Disk drive merupakan komponen komputer yang digunakan untuk penggerak floopy atau disket sebagai media penyimpan data.
Disk drive sangat mudah terkena debu atau kotoran yang terbawa oleh disket sehingga dapat menganggu fungsionalitas disk drive. Gejala-gejala yang muncul akibat Disk drive kotor adalah disket tidak dapat dibaca dan kadang-kadang error . Cara untuk membersihkan Disk drive cukup dengan disk Cleaner.
Langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:
  1. Operasikan sistem komputer.
  2. Masukkan disk Cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke driveA.
  3. Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A. Karena piringan disket diganti dengan kertas tisu yang diberi cairanpembersih maka head akan tersentuh oleh tisu tersebut sehingga akan membersihkan head dari kotoran debu atau kotoran yang lain.
Gambar 4.3 Floppy Disk
2.    CD-Rom dan CD-RW
Mengetahui kondisi CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak,dapat dilakukan dengan memasukkan CD. Dengan memperhatikan kecepatan membaca file dan suara yang dihasilkan ketika membaca sebuah CD dapat diketahui CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak. Suara yang bising dan kadang ada suara “krak” perlu diperhatikan kondisi dari CD-ROM atau CD-RW sudah mengalami gejala kerusakan pada bagian mekanik. Sedangkan jika CD mengalami gangguan ketika membaca CD dapat diakibatkan oleh optik kotor atau mengalami kerusakan.
Masalah yang sering mengganggu pada CD-Rom dan CD-RW terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang digunakan untuk membersihkan optic atau lensa dari debu atau kotoran lain adalah dengan menggunakan CD Cleaner. Prinsip kerja dari CD Cleaner mirip dengan disk Cleaner, hanya bentuknya saja yang berbeda.
Langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:
a.       Operasikan sistem computer
  1. Masukkan CD Cleaner, CD Cleaner akan berputar dan sikat atau sirip yang melekat pada disk atau piringan akan menyikat optic atau lensa pada CD-Rom atau CD-RW.
Gambar 4.4 CD-ROM

4.2.3  Expansion Card
Expansion Card merupakan komponen tambahan yang terpasang pada komputer. Expansion Card dapat berbagai macam jenis dan fungsinya
Contoh Expansion Card adalah seperti card LAN, soundcard, tv tunner, VGA Card dan masih banyak lagi. Sedangkan menurut jenisnya terdiri dari PC I, ISA, dan AGP.
Perawatan Expansion Card, perlu diperhatikan kaki-kakinya dari pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain. Perawatannya cukup dengan cairan pembersih korosi atau dengan menggosok dengan karet penghapus. Selain itu perlu juga dipastikan Expansion Card terpasang dengan kuat dan sempurna.
Kondisi secara umum yang perku diketahui pada Expansion Card adalah posisi Expansion Card yang telah terpasang dengan sempurna pada PC a slot ISA atau PC I dengan benar. Jika komponen ini telah terpasang dengan benar maka komponen tersebut akan terdekteksi oleh sistem, dan selanjutnya tinggal menginstall driver yang sesuai. Komponen yang sudah dikenal oleh sistem akan otomatis terdeteksi dan dapat digunakan oleh sistem PC .
VGA Card atau sering disebut display adapter adalah komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam layar monitor.Masalah yang sering timbull dalam VGA Card adalah panas yang berlebihan, sehingga untuk mengurangi panas yang berlebihan perlu diperhatikan heatsink dan fan nya.
Sebagai perawatannya perlu dilakukan pembersihan dari debu atau kotoran yang lain. Guna membersihkan fan dan heatsink cukup dengan kuas kecil karena fan pada VGA Card juga kecil, sehingga harus disesuaikan dengan ukuran fan nya. Selain itu VGA Card sering bermasalah pada fan yang berisik atau berbunyi dengan keras. Masalah ini bersumber pada fan yang tidak kencang atau putaran fantidak stabil. Selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang tidak kuat sehingga tidak dapat menopang fan dengan baik. Guna mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan, dan mengencangkan posisi fan dengan tepat sesuai dengan posisinya.
Kondisi yang perlu diperhatikan untuk VGA Card yaitu dengan memperhatikan putaran fan pada chipset VGA Card tetap lancar tanpa ada bunyi yang berisik. Sedangkan untuk sisi software dapat digunakan tool direct X, dengan tool ini dapat diketahui ada trouble atau tidak.
4.2.4 Memori
RAM perlu dilakukan perawatan agar selalu bekerja dengan optimal.Gangguan pada RAM terletak pada konektor atau kaki-kakinya, dimana jika RAM sering dilepas dan tersentuh oleh tangan dapat menyebabkan korosi bahkan RAM dapat rusak akibat listrik statis.
Gambar 4.5 Membersihkan RAM

Membersihkan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus dengan cara menggosokan pada kaki RAM. Selain itu juga perlu diperhatikan pemasangan pada slot RAM, perlu dipastikan RAM tertancap dengan sempurna karena jika tidak, makaselain RAM tidak terdeteksi oleh sistem juga dapat mengakibatkan kerusakan RAM.

4.2.5 Power Supply
Perawatan yang perlu dilakukan untuk merawat Power Supply adalah  dengan memperhatikan kelancaran pada Power Supply, karena inilah yang mampu mengurangi panas pada Power Supply. Selain itu perlu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer tegangan, karena dengan alat ini akan meringankan kerja dari Power Supply sehingga akan mengurangi panas yang dikeluarkan oleh Power Supply.
Gambar 4.6 Power Supply

4.2.6 CPU
Processor memerlukan pendingin sangat ekstra. Pendingin prossessor terdiri dari heatsink dan fan pendingin. Processor merupakan komponen yang paling panas sehingga perlu dimonitor setiap saat.
Perawatan pada Processor adalah dengan memperhatikan tata letak fan sehingga udara dapat berputar dengan lancar. Kemudian perlu dipilih fan Processor dengan putaran yang tinggi ( minimal 5400rpm) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan penghantar panas yang baik, seperti tembaga dan aluminium. Jika sering melepas Processor jangan lupa untuk selalu mengoleskan silicon grease agar penghantaran panas lebih lancar.
Kondisi CPU yang perlu dipantau adalah penggunaan resource dan suhu pada Processor tersebut. Suhu Processor dipengaruhi dari heatsink dan fan yang digunakan. Kondisi heatsink harus dipastikan menempel erat dengan processor, sedangkan untuk fanharus dipastikan dapat berputar dengan lancar dan memiliki puratanminimum 5400 rpm. Satu hal lagi yang sangat penting adalah penggunaan tegangan pada prosesoor atau sering disebut VCORE.VCORE harus dalam lingkup toleransi, karena jika tegangan kurangatau lebih akan bermasalah pada CPU, semua kondisi di atas dapatdilihat dalam BIOS khususnya pada menu hardware monitor atauuntuk motherboard  tertentu sudah menyediakan tool untuk memantau kondisi dari suhu dan tegangan processor.
images
Gambar 4.7 Processor
4.3    Identifikasi Penyebab dan Beberapa Cara Mengatasinya
1.      Penyebab
  1. Komputer terlalu Panas atau overheat
Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, processor, atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer Anda.
  1. Masalah kesalahan/kerusakan hardware
Akan dibahas lebih lanjut dengan pengecekkan pada setiap komponen hardware.
  1. Virus komputer / OS-nya
2.      Masalah dengan sistem operasi.
Setelah mengikuti setiap rekomendasi di atas komputer  masih terus mati sendiri, kemungkinan anda mengalami masalah sistem operasi Microsoft Windows yang sulit dijelaskan.
Reboot komputer dan masuk CMOS setup sebagai komputer boot. Jika Anda tidak terbiasa dengan cara memasukkan CMOSSetelah Anda telah membuka komputer di CMOS setup, biarkan komputer beberapa saat.
 Komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft Windows.
3.      Cek Komponen-komponen Komputer
a.       PowerSupply
b.      Motherboard
c.       Speaker
d.      RAM
e.       VGACard+Monitor
f.       Keyboard Analisa Tampilan
g.      CardI/O
h.      Diskdrive
i.        Disket

4.3.1  Analisa Pengukuran
Tahapan ini, pendeksian dengan cara mengukur tegangan listrik pada komponen a sampai b tersebut di atas. Gunakan alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.
Contoh : Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply, kalau mengukur tegangan yang diberikan oleh Power Supply ke komponen lainnya apakah tegangan pada Power Supply tersebut berlebih atau tidak bila berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan bahkan menyebabkan komponen-komponen yang ada di motherboard  menjadi mati.   


4.3.2        Analisa Suara 
 Tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC  Speaker. Pastikan kabel PC  Speaker sudah terpasang dengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor d dan e. Guna mempermudah pengenalan kode suara tersebut, maka simak keterangan berikut. Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik. Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau setting pada CMOS. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard  atau DRAM. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS. Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.

Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).Beberapa merk Motherboard  akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas). Kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS.


4.3.3 Analisa Tampilan

Tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak permasalahan dapat diketahui pesan error  yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada dikomponen huruf f sampai j.
Contoh : Saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error , maka dapat dipastikan letak permasalahn hanya pada Keyboard

4.3.4 Cara Cepat Mengenali Troubleshooting
Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen f sampai j, yaitu pada keyboard, card I/O, disk drive dan disket. Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen huruf d dan e, yaitu RAM, VGA Card dan monitor. Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen huruf a dan b, yaitu Power Suplly dan Motherboard .
Kondisi yang perlu diperhatikan dalam motherboard  adalah suhu dan fungsionalitas sistem itu sendiri. Suhu motherboard dapat diketahui dari hardware monitor atau mengunakan tool bawaan motherboard. Sedangkan fungsionalitas sistem dapat diketahui dengan melihat tampilan hasil pada device manager.
Cara membuka device manager untuk mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang sudah terinstal dikomputer milik kita
 1. Klik Start –> Klik Kanan My Computer –> Properties

Gambar 4.8 Proses
 

2. Saat muncul kotak dialog System Properties, Klik pada Tab Hardware

Gambar 4.9 System Properties
 


3. Lalu Klik Device manager, lalu akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini.

Gambar 4.10 Device Manager
 



4.3.5 Mengatasi dan Mendeteksi Kerusakan Pada Komputer yang Mati Total 
Nyalakan Komputer terlebih dahulu dan lihat tanda-tanda dari penyebab dari matinya komputer dengan mengecek satu-satu pada komponen-komponen komputer sebagai berikut :
1. Power Supply
Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup, bila perlu coba dengan Power Supply yang lain yang memilikii daya yang lebih besar sehingga dapat men-supply daya yang cukup pada komputer, lalu coba Power Supply tersebut pada komputer lain apabila komputer lain tetap bisa menyala berarti Power Supply bukan penyebab dari matinya komputer.

2. Kipas Processor / VGA
Kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard  atau motherboard  memang sudah rusak atau mungkin BIOS perlu di update dan mungkin juga memori atau device lain yang belum terpasang dengan sempurna. Bila kipas processor mati coba ganti dengan kipas processor lainnya yang hidup.

3. RAM/VGA
Bila masih belum berhasil coba lepaskan Ram dan VGA lalu nyalakan computer dan perhatikan apakah terdengar bunyi BIP dari computer/mainboard anda, jika tidak periksa apakah speaker pada mainboard berfungsi. Bila tidak ada respon kemungkinan motherboard  memang sudah rusak.Tapi tunggu dulu apakah layar komputer merespon ram dan vga bila monitor tidak meresponnya berarti dimungkinkan RAM atau VGA Card-nya, lalu coba ganti RAM atau VGA dengan RAM dan VGA yang masih hidup bila komputer hidup berarti penyebab komputer mati adalah RAM-nya atau mungkin bisa jadi VGA Card-nya coba lepaskan kabel yang menghubungkan ke VGA Card lalu pasangkan kabel VGA Card dengan VGA onboard bila ternyata komputer menyala  berarti penyebab matinya komputer adalah VGA Card karena ram dan vga itu berhubungan dengan tampilan di layar monitor, lalu ada alternatif lainnya yaitu dengan coba memindahkan RAM dan VGA ke komputer lainnya untuk memastikan apakah RAM dan VGA Card itu masih hidup atau tidak.
4. Motherboard
Bila komputer tidak hidup selanjutnya cara yang paling mudah adalah dengan melepaskan semua kabel data yang terhubung ke motherboard  diantaranya adalah kabel data Hardisk dan CD/DVD Rom dan Floppydisk beserta kabel power-nya, setelah itu hidupkan.

5. Disk drive
Cek kabel-kabel yang tersambung dari motherboard  maupun dari Power Supply dan kencangkan kabel-kabel yang saling terhubung satu sama lain.

6. Processor
Umumnya komponen yang satu ini jarang dilepas kecuali jika melakukan upgrade, hal ini yang sering menyebabkan debu banyak menempel dikaki dan socket processor, bersihkan saja dengan Vacum Cleaner berserta sirip pendingin dengan kipas processor lalu pasangkan kembali processor ditambah dengan cairan yang biasa disebut dengan thermal paste untuk processor yang berbentuk seperti gel dan hidupkan m-komputer anda. Karena biasanya komputer mati, juga bisa disebabkan oleh proseccor ini karena bila suhu processor panas dan melebihi suhu akan menyebabkan processor rusak dan harus disertai dengan sistem pendingin yang baik atau juga bisa dengan menganti fannya dengan fan yang baru, lalu bila komputer mati sama sekali, semua lampu indikator tak satupun yang menyala. Logika pertama yang harus dimiliki adalah bahwa komputer hanya bisa nyala jika ada suply listrik.
Pengecekan dengan langkah-langkah berikut :
a.       Prosedur 1. Apakah listrik di rumah nyala alias, ketika menyalakan komputer di siang hari dan komputer tidak mau hidup, jangan dulu langsung mengutak-atik kabel power suply. Pastikan terlebih dahulu bahwa listrik di rumah Anda tidak sedang bermasalah.
b.      Prosedur 2. Jika prosedur 1 diatas sudah dipastikan tidak bermasalah maka berarti penyebab komputer tidak mau nyala bukan karena listrik tidak ada. Langkah selanjutnya, yang bertanggungjawab adalah kabel listrik power suply dan power suply itu sendiri. Periksa kabel listrik power suply dan kalau perlu dites dengan multimeter untuk memastikan bahwa kabel tersebut tidak putus.
c.       Prosedur 3. Tes Power suply. Jika kabel power suply sudah dipastikan baik, maka yang harus di periksa selanjutnya adalah power suply itu sendiri. Pastikan bahwa power suply tidak masalah misalnya apakah kabelnya pada Mainboard terpasang dengan tepat, jangan sampai longgar dll. Catatan : Jika kipas power suply tidak jalan dalam pengetesan biasa, tidak berarti bahwa power suply pasti rusak.
d.      Prosedur 4. Periksa tombol power pada komputer. Jika sudah dipastikan power suply masih baik, maka langkah selanjutnya adalah periksa semua tombol yang bertugas menylut listrik pada CPU antara lain : * Tombol Power utama (model lama). * Power switch penyulut power suply (biasanya dibagian depan komputer). * Power mengaktifkan strip daya, gelombang pelindung, atau UPS (jika Anda memilikinya).
e.       Prosedur 5. Periksa mainboard. Jika langkah 1-4 diatas tidak juga menyelesaikan masalah, barulah kita memasuki Mainboard untuk diperiksa. Pastikan bahwa semua kabel perangkat keras lain terpasang secara tepat pada mainboard terutama kabel Output  dari power suply. Jika ada yang Anda curigai, sebaiknya dicabut dulu lalu dipasang kembali dengan meyakinkan.
f.       Prosedur 6. Periksa Processor. Jika Anda sangat yakin bahwa Mainboard sudah tidak ada masalah dan komputer masih mogok, yang paling pertama Anda periksa selanjutnya adalah Processor. Dalam seluruh kasus yang sudah saya temukan (power suply dan mainboard masih baik) satu-satunya perangkat yang membuat komputer tidak bereaksi sama sekali ketika tombol power ditekan adalah Processor. Perangkat keras lain yang sering rusak misalnya memory dan vga tidak menyebabkan komputer tidak bereaksi sama sekali. Jika memory atau vga rusak, tetap ada reaksi pada komputer tetapi tidak sempurna.
g.      Prosedur 7. Maiboard rusak. Jika pada poin 6 diatas Anda sangat yakin bahwa processor masih baik (tentu melalui uji tes) dan komputer tidak juga ada tanggapan maka sayapun sangat yakin bahwa mainboard. Jika ini terjadi Anda pasti sudah tahu jalan keluarnya.
h.      Prosedur 8. Periksa monitor. Setelah melewati 7 tahap diatas, sudah ada tanggapan dan lampu indikator CPU sudah nyala, kipas power suply sudah jalan dan tidak ada tampilan sama sekali maka berarti masalah ada pada seputar monitor. Pastikan listrik monitor tersambung baik. Pastikan kabel vga menuju monitor masih baik dan terpasang baik.
i.        Prosedur 9. Kerusakan lain. Setelah 8 langkah diatas dan komputer  sudah nyala dan sistem operasi jalan normal maka masalah  selesai.
j.        8 langkah pertama diatas komputer sudah nyala namun tidak normal misalnya hanya muncul layar biru dengan tulisan yang tidak mengerti, maka berarti masih ada kerusakan lain.


BAB V
PENUTUP

Bagian ini akan disampaikan beberapa kesimpulan dan saran yang dapat penulis sampaikan setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri di @gs Komputer Semarang. Kesimpulan yang dapat dibuat penulis dibawah ini merupakan kesimpulan mengenai topik laporan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

5.1 Kesimpulan
Setelah penulis menguraikan laporan sebagai hasil pengalaman Prakerin, maka penulis dapat menarik kesimpulan, yaitu :
1.      Saat melakukan troubleshooting  bagian terpenting adalah jangan sampai kita salah memprediksi kesalahan yang ada pada PC karena dapat mengakibatkan komputer menjadi rusak.
2.      Men-troubleshooting merupakan pekerjaan yang lumayan sulit karena setiap komponen kita harus cek satu satu agar kita mengetahui letak komputer rusak atau lambat.
3.      Melakukan troubleshoting kita membutuhkan banyak peralatan karena bila komponen yang kita pasang salah malah komputer akan menjadi lebih lambat ataupun bisa menyebabkan komputer rusak.
4.      Setiap komputer yang akan di-troubleshooting kita harus memahami macam tipenya dulu agar saat kita akan memasang komponen tidak salah pasang karena bila salah pasang dapat menyebabkan matinya komputer.

5.2 Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan setelah melakukan praktek adalah
1.      Hindari dalam men-troubleshooting PC dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh ke peralatan yang sedang kita perbaiki tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek dan rusaklah komponen-komponen yang telah perbaiki.
2.      Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin processor yang ada termasuk chipset, karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan diri kita dengan cara memegang casing saat power telah dihidupkan. Menghindari hal ini juga ditujukan agar tidak mengotori kaki pin komponen dengan kotoran yang ada di tangan kita.
3.      Jangan sampai kita salah memasang komponen, harus disesuaikan dengan tipenya masing-masing.

 DAFTAR PUSTAKA
1.      Komputer, http://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Komputer,  05 Mei 2012, 16:00 WIB
2.      ALU, http://id.wikipedia.org/wiki/ALU, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
4.      5 Cara Mengecek Komputer Mati Total, http://www.gemamandiriweb.com/artikel/121-5-cara-mengecek-komputer-mati-total, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
7.       Cakram Keras, http://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
8.      4 Langkah Troubleshooting Komputer Yang Mati, http://jawarakampung.blogspot.com/2011/06/4-langkah-troubleshooting-komputer-yang.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
9.      Cara Merawat Komputer dan Tips Perawatan Komputer atau PC, http://oprekzone.com/cara-tips-merawat-perawatan-komputer-pribadi-pc/, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
10.  Macam-Macam Hardware Serta Fungsi dan Troubleshooting, http://ekoprasetio.wordpress.com/2010/02/08/macam-macam-hardware-serta-fungsi-dan-troubleshooting/, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
11.  Tips Troubleshooting Komputer yang Tidak Menyala, http://www.bmp.net.id/Tips_Troubleshooting_Komputer_yang_Tidak_Menyala,99.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
13.  Troubleshooting Komputer, http://www.scribd.com/doc/86449534/Troubleshooting-Komputer#download, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
15.  Troubleshooting Pada Komputer,  http://chacaatmika.blogspot.com/2012/04/troubleshooting-pada-komputer.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
16.  Troubleshooting Merakit Komputer , http://ngapak.eurogoo.com/t219-troubleshooting-komputer, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
17.  Troubleshooting PC, http://www.koc2.com/board43-troubleshooting-pc/, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
18.  Tips Troubleshooting Komputer yang Tidak Menyala,  http://www.bmp.net.id/Tips_Troubleshooting_Komputer_yang_Tidak_Menyala,99.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
19.  5 Cara Mengecek Komputer Mati Total, http://www.gemamandiriweb.com/artikel/121-5-cara-mengecek-komputer-mati-total, 05 Mei 2012, 16:00 WIB

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kak gmna tu klau kita mau ganti background blog kita

    smoga kakak mau menjawabnya

    BalasHapus
  3. wiw...
    mkasih atas informasinya,,,
    contoh laporan ini sangat bermanfaat bagi saya???

    BalasHapus