PERAWATAN
DAN TROUBLESHOOTING PC
DI
@GS KOMPUTER SEMARANG
LAPORAN
Diajukan
Sebagai Pertanggungjawaban Penulis Dalam
Melaksanakan
Praktek Kerja Industri
Teknik
Komputer dan Jaringan
Disusun Oleh :
Nama : Tiara
Putri Taurina
NIS : 1111781
Kompetensi
Keahlian : Teknik Komputer dan
Jaringan
SEKOLAH
MENEGAH KEJURUAN NEGERI 7 SEMARANG
(STM
PEMBANGUNAN SEMARANG)
2012
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan
dengan judul “PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC DI @GS KOMPUTER SEMARANG” yang ditulis oleh Tiara Putri Taurina ini telah
diperiksa oleh Pembimbing Lapangan dan telah disahkan oleh @gs Komputer
Semarang.
PadaTanggal : Mei 2012
Di :
Semarang
PembimbingIndustri/Lapangan
ALI
Pimpinan
@GS Komputer
Semarang
PRAPTININGRUM
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan dengan judul “PERAWATAN
DAN TROUBLESHOOTING PC DI @GS KOMPUTER SEMARANG” yang ditulis oleh Tiara Putri
Taurina ini telah diperiksa oleh Pembimbing Lapangan dan telah disahkan oleh
SMK Negeri 7 Semarang.
PadaTanggal : Mei 2012
Di : Semarang
Ketua Program
Keahlian
Guru Pembimbing
Hari Seputro,S.Pd,MT HARI
SEPUTRO, S.Pd,MT
NIP. 196709211997021002
NIP. 196709211997021002
Kepala SMK Negeri 7 Semarang
Drs. Edi Drajat Wiarto, M.Pd.
MOTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.
Kadang kala,
jalan yang sedang kita lalui, tidak sepenting arah yang kita tuju
2.
Kadang kala,
jalan yang kita lalui tidak semudah seperti yang kita bayangkan
3.
Kelakuan kita
terhadap kehidupan, menentukan sikap kehidupan terhadap kita
4.
Penyesalan akan
hari kemarin, dan ketakutan akan hari esok adalah dua pencuri yang mengambil
kebahagian saat ini
5.
Janganlah hanya
mempelajari apa yang disenangi, tapi senangilah apa yang dipelajari
PERSEMBAHAN
Laporan
ini penulis persembahkan kepada :
1.
Ayah dan Ibu
tercinta
2.
Teman-teman,
sahabat dan pacarku
3.
Keluarga besar
SMK Negeri 7 (STM Pembangunan Semarang )
4.
Keluarga besar
program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang
5.
Pembimbing dan
@gs Komputer
6.
Pembaca yang
budiman
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis
dapat melaksanakan praktek industri di @gs Komputer Semarang, serta dapat
menulis laporan praktek kerja industri yang merupakan pertanggungjawaban
setelah melaksanakan praktek kerja industri ini tanpa ada suatu halangan
apaapun yang berarti.
Laporan praktek
kerja industri ini bukan hanya sekedar usaha dari penulis semata tanpa dibantu
oleh berbagai pihak yang terkait. Untuk itu dengan segala hormat penulis
sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
1.
Ibu Suryaningrum
selaku pimpinan @gs Komputer Semarang yang telah memberikan kesempatan kepada
penulis untuk melaksanakan prkatek kerja industri
2.
Bapak Drs. Edi
Drajat Wirato, M.Pd. selaku kepala sekolah Smk Negeri 7 Semarang yang telah
mengijinkan penulis untuk melaksanakan praktek kerja industri
3.
Bapak Hari Seputro, S.Pd, MT selaku
Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang
yang telah mendukung dan mengijinkan penulis dalam melaksankan praktek kerja
industri
4.
Mas Ali sebagai pembimbing
penulis di lapangan
5.
Dalam pelaksanaan praktek kerja industri di @gs Komputer
Semarang
6.
Bapak Hari Seputro, S.Pd.,MT selaku guru pembimbing yang
telah mengarahkan dan membimbing penulis dalam menyusun laporan prkatek kerja
industri ini.
7.
Bapak dan Ibu tercinta yang telah memberikan dukungan
sepenuhnya kepada penulis.
8.
Semua pihak yang telah membantu penulis dalam
menyelesaikan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak
kekurangan, untuk itu segala kritik dan saran yang membangun akan selalu
diterima dengan senang hati.
Semoga laporan yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat
bagi penulis dan almamater SMK Negeri 7 Semarang, maupun para pembaca pada
umumnya.
Semarang, Mei 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan Industri................................................................................. ii
Lembar
Pengesahan Sekolah................................................................................. iii
Halaman
Moto dan Persembahan.......................................................................... iv
Kata
Pengantar...................................................................................................... v
Daftar
Isi............................................................................................................... vii
Daftar
Gambar...................................................................................................... xi
Daftar
Lampiran.................................................................................................. xiii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Industri....................................................... 1
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri.................................................................... 2
1.3 Tujuan Penulisan Laporan.......................................................................... 3
1.4 Alasan Pemilihan Judul
1.5 PembahasanLaporan................................................................................... 4
1.6 MetodePengumpulan Data......................................................................... 4
1.7 Sistematika Penyusunan Laporan............................................................... 5
BAB
II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan........................................................................ 7
2.2 Struktur Organisasi..................................................................................... 7
2.3 Kedisplinan dan Keselamatan Kerja.......................................................... 8
2.4 Penjualan Komputer dan Accesorisnya...................................................... 8
2.5 Pelayanan Service Kepada Konsumen....................................................... 8
2.6 Peraturan dan Tata Tertib........................................................................... 9
2.7 Denah Lokasi.............................................................................................. 9
2.8 Administrasi Teknik................................................................................... 11
2.9 Teknik Pelaksanaan.................................................................................... 11
2.10
Pelaksanaan Kegiatan di Industri............................................................. 12
2.11 Macam-macam Pekerjaan......................................................................... 14
BAB
III LANDASAN TEORI
3.1 Pengertian PC............................................................................................. 16
3.2 Jenis-jenis Komputer.................................................................................. 17
3.2.1 Komputer Analog............................................................................. 17
3.2.2 Mikrokomputer................................................................................. 18
3.2.2 Minikomputer................................................................................... 18
3.2.4 Mainframe Computer....................................................................... 18
3.2.5 Superkomputer................................................................................. 19
3.3 CaraKerjaKomputer.................................................................................... 19
3.3.1 Memori/RAM.................................................................................... 19 3.3.2 Pemrosesan 22
3.3.3
MasukandanHasil.............................................................................. 23
3.3.4
Instruksi............................................................................................. 27
3.3.5
Arsitektur........................................................................................... 27
3.3.6
Program.............................................................................................. 28
3.3.7
SistemOperasi.................................................................................... 30
3.4
Bagian-bagianKomputer................................................................................. 31
3.4.1
Perangkat Keras................................................................................. 31
3.4.2 Perangkat Lunak................................................................................ 34
BAB
IV PEMBAHASAN
4.1 Perawatan PC............................................................................................. 36
4.2 Kondisi Yang Perlu Diketahui dari
Komponen......................................... 41
4.2.1
Casing................................................................................................ 41
4.2.2
Disk Drive.......................................................................................... 42
4.2.3 Expansion Card................................................................................. 45
4.2.4
Memori............................................................................................... 47
4.2.5
Power Supply..................................................................................... 48
4.2.6
CPU................................................................................................... 48
4.3 IdentifikasiPenyebabdanBeberapa Cara Mengatasinya....................... 49
4.3.1
Analisa Pengukuran....................................................................... 51
4.3.2 Analisa Suara..................................................................................... 52
4.3.3 Analisa Tampilan............................................................................... 52
4.3.4 Cara Cepat Mengenali Troubleshooting............................................ 53
4.3.5 Mengatasi dan Mendeteksi Kerusakan Pada Komputer.................... 55
BAB
V PENUTUP
5.1 Kesimpulan................................................................................................. 61
5.2 Saran........................................................................................................... 62
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Denah @gs Komputer..................................................................... 10
Gambar 3.1 Komputer......................................................................................... 17
Gambar 3.2. Komputer Analog........................................................................... 17
Gambar 3.3 Mikrokomputer................................................................................ 18
Gambar 3.4 Mainframe Computer....................................................................... 19
Gambar 3.5 Super Komputer............................................................................... 19
Gambar 3.7 Memori / RAM................................................................................. 20
Gambar 3.8 EDO RAM....................................................................................... 21
Gambar 3.9 DDR ............................................................................................... 21
Gambar 3.10 DDR II
......................................................................................... 22
Gambar 3.11 DDR III......................................................................................... 22
Gambar 3.12 Keyboard....................................................................................... 24
Gambar 3.13 Mouse............................................................................................. 24
Gambar 3.14 Pen Input........................................................................................ 24
Gambar 3.15 Scanner........................................................................................... 25
Gambar 3.16 Barcode Reader ............................................................................ 25
Gambar 3.17 Monitor.......................................................................................... 26
Gambar 3.18 Printer............................................................................................. 26
Gambar 3.19 Speaker........................................................................................... 26
Gambar 4.1 Defragment...................................................................................... 38
Gambar 4.2 Casing.............................................................................................. 42
Gambar 4.3 Floppy Disk...................................................................................... 44
Gambar 4.4 CD-ROM......................................................................................... 45
Gambar 4.5 Membersihkan RAM........................................................................ 47
Gambar 4.6 Power Supply................................................................................... 48
Gambar 4.7 Processor ......................................................................................... 49
Gambar 4.8 Proses............................................................................................... 54
Gambar 4.9 System Properties............................................................................. 54
Gambar 4.10 Device Manager............................................................................. 55
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Sertifikat
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
2.
Identitas
Siswa
3.
Identitas
Industri dan Pelaksanaan Prakerin
4.
Daftar
Hadir Siswa
5.
Catatan
Kegiatan Siswa
6.
Daftar
Nilai Prakerin ( Aspek Non Teknis )
7.
Daftar
Nilai Prakerin ( Aspek Teknis )
8.
Format
Bimbingan Dengan Pembimbing/Instruktur Industri
9.
Format
Bimbingan Dengan Pembimbing PRAKERIN di Sekolah
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di masa
ini sangatlah pesat, hal tersebut jelas terbukti dengan semakin mudahnya manusia
melakukan kegiatan-kegiatan yang dahulu sangat tidak mungkin dilakukan menjadi
dapat dengan mudah dilakukan, seperti saling bertatap muka walaupun berada di
tempat yang ribuan kilometer jauhnya dengan fasilitas webcam, membawa data-data
penting yang sangat banyak jumlahnya hanya dalam satu genggaman dengan
kemudahan yang diberikan flashdisk, bahkan manusia di zaman ini sedang mencoba
menciptakan sebuah alat yang kemapuannya hampir menyamai manusia sendiri yaitu
robot, yang dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari, serta masih
banyak lagi manfaat yang diciptakan dari perkembangan teknologi yang pesat
tersebut.
Komputer merupakan salah satu hasil perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang kini banyak digunakan manusia Komputer banyak
digunakan untuk keperluan bisnis, industri, pendidikan, bahkan pribadi.
Teknologi yang sejalan dengan penelitian-penelitian yang sekarang dilakukan
oleh para ahli menjadikan komputer suatu barang yang semakin berdaya guna bagi
kesejahteraan manusia.
Oleh karena itu, untuk membuat dunia komputer menjadi
lebih bermanfaat, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan
berkompetensi. Selain itu Sumber Daya Manusia yang handal juga sangat
dibutuhkan untuk ikut mengambil bagian dalam memajukan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi dunia.
Usaha untuk menciptakan SDM yang handal salah satunya
adalah melalui jalur pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan yang kini telah
disesuaikan dengan perkembangan IPTEK diharapkan dapat menciptakan SDM yang
handal yang memiliki keterampilan yang memadai. Demikian halnya dengan Praktek
Kerja Industri ini, yang diharapkan akan dapat membantu meningkatkan mutu IPTEK
serta meningkatkan produktifitas dan kualitas kerja dimasa mendatang.
Praktek Kerja Industri dilaksanankan sebagai salah satu
kegiatan yang terdapat di Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
dan wajib diikuti oleh setiap siswa kelas satu sesuai tuntutan kurikulum, agar
siswa memperoleh pengalaman yang relevan dibidangnya, berbagai macam
pengetahuan mengenai apa saja dan bagaimana dunia industri itu, serta
menjadikan jembatan agar siswa dapat lebih dekat lagi dengan dunia industri.
Praktik Kerja Industri ini, diharapkan siswa dapat
mengetahui kondisi yang nyata atau keadaan yang sebenarnya di dalam lapangan
kerja, sehingga siswa dapat menyesuaikan keadaan yang sebenarnya di lapangan
kerja, selain itu Praktik Kerja Industri yang dilaksanakan akan menumbuhkan
inisiatif bagi para siswa di lapangan kerja sejak dini.
1.2 Tujuan Praktik Kerja Industri
Praktek
Kerja Industri yang dilakukan oleh siswa kelas satu Kompetensi Keahlian Teknik
Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang selama empat bulan mempunyai tujuan
sebagai berikut :
1.
Memperoleh serta menerapkan telah diperoleh siswa dari sekolah
pada dunia usaha atau industri.
2.
Agar siswa mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya serta melatih
siswa terjun langsung dalam dunia kerja yang berkaitan dengan teknologi.
3.
Melatih siswa agar memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab
dalam melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan sebagai profesinya.
4. Mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta
mengembangkan diri.
5. Mempersiapkan siswa agar mampu memilih karir dan mampu
berkompetensi serta mengembangkan diri.
1.3 Tujuan Penulisan Laporan
Setelah melaksanakan praktek kerja industri, siswa
diberikan tugas untuk menyusun laporan dengan tujuan :
1.
Sebagai salah satu materi pembelajaran dalam program keahlian
Teknik Komputer dan Jaringan.
2.
Sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah maupun dunia industri
dimana penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri.
3.
Sebagai bahan masukkan serta revisi bagi industri agar proses
belajar mengajar lebih terarah dan efektif.
4. Meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Indonesia.
5. Penulis mampu menuangkan ilmu yang didapat selama
melakukan Praktek Kerja Industri dalam bentuk laporan sehingga dapat memberikan
informasi mengenai dunia industri kepada pembaca.
1.4
Alasan Pemilihan Judul Laporan
Ketika penulis melaksankan
praktek kerja industri di @gs Komputer Semarang, jenis pekerjaan yang sering
dilakukan pada saat itu cukup banyak, diantaranya, merakit personal computer (PC), service
komputer baik hardware maupun software, serta instalasi operating system dan software
standar. Namun pekerjaan yang paling sering penulis lakukan adalah men-service
PC agar dapat hidup kembali.
Oleh karena itu penulis memilih “PERAWATAN DAN TROUBLESHOOTING PC
DI @GS KOMPUTER ” sebagai judul dalam laporan penulis.
1.5
Pembahasan Laporan
Hal ini penulis akan membahas
: perbaikan, perawatan PC, troubleshooting
PC.
1.6 Metode Pengumpulan Data
Mengambil data yang digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan ini, penulis menggunakan metode :
1.
Metode Observasi
Hal ini penulis melakukan observasi / pengamatan pada
saat teknisi @gs Komputer yaitu Mas Ali melakukan perbaikan dan perawatan PC
lalu mengecek satu persatu komponen pada CPU saat belajar di
industri.
2.
Metode Browsing Internet
Hal ini penulis melakukan pencarian informasi melalui
mesin pencari seperti intenet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Google
dll.
3.
Metode Interview
Hal ini penulis melakukan wawancara langsung dengan mas Ali selaku
teknisi di @gs Komputer. Dalam kesempatan tersebut penulis memperoleh berbagai
macam informasi mengenai perakitan komputer, cara troubleshooting
komputer, seperti dalam pemasangan processor dan heatsink yang
berbeda-beda sesuai dengna merek dan tipenya, cara membongkar PC, serta
berbagai macam info yang akan dibahas dalam bab pembahasan.
4. Metode
Referensi
Metode ini, penulis mengambil beberapa artikel yang berkaitan
dengan langkah-langkah merakit PC.
1.7 Sistematika Penyusunan
Laporan
Sistematika penulisan pada laporan ini adalah
sebagai berikut :
1.
Bab I : Pendahuluan
Bab ini memuat uraian
singkat yang memberikan uraian umum latar belakang praktek kerja industri,
tujuan penulisan laporan, alasan pemilihan judul laporan, pembatasan dalam
laporan, metode pengumpulan data, serta sistematika dalam penulisan laporan.
2.
Bab II : Tinjauan Umum Perusahaan
Bab ini membahas
mengenai hal yang bersangkutan dengan perusahaan yang menjadi tempat praktek
kerja industri penulis, seperti : sejarah berdirinya perusahaan, struktur
organisasi perusahaan terhadap karyawannya.
3.
Bab III : Dasar Teori
Bab ini membahas
mengenai hal yang berkaitan dengan dasar-dasar pada bab IV.
4.
Bab IV : Pembahasan
Dalam bab ini dibahas
tentang materi utama dalam laporan ini yaitu tentang troubleshooting PC.
5.
Bab V : Penutup
Bab
ini dibahas tentang kesimpulan laporan dan saran.
BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Peusahaan
@gs Komputer yang dirintis oleh Ibu Praptiningrum di Semarang sekitar tahun 2005. Berlokasi di
Jalan Majapahit No.410 @gs Komputer merupakan suatu usaha yang bergerak di
bidang penjualan komputer, selain itu @gs Komputer juga membuka service komputer. @gs Komputer berasal dari
nama teman-teman Ibu Praptiningrum, sebelum didirikan @gs Komputer, didirikan
sebuah rental di daerah Tembalang dan kira-kira rental di daerah Tembalang
mulai sepi atau banyak saingan Ibu Praptiningrum mulai berinisiatif untuk membuka
sebuah rental komputer di daerah Majapahit dan sekarang terbentuklah @gs
Komputer di Jalan Majapahit no.410 Semarang.
2.2 Struktur Organisasi
Mencapai tujuan yang telah ditetapkan dapat menjalankan fungsinya
dengan baik, setiap perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas.
Sehingga nantinya tidak terjadi kesimpangsiuran dalam menjalankan tugas,
wewenang dan tanggung jawab. Adapun struktur organisasi @gs Komputer Semarang
adalah sebagai berikut :
1.
Pimpinan.
2.
Teknisi.
3.
Administrasi
2.3
Kedisiplinan dan Keselamatan Kerja
Mencapai kedisplinan dan keselamatan kerja yaitu dilakukan dengan
cara membuat jadwal peraturan masuk, istirahat dan pulang setelah itu juga
menjaga keselamatan kerja dengan membuat kabel tertata dengan rapi menggunakan
solasi setelah itu juga menggunakan sepatu agar arus dari komputer dapat
disalurkan melalui tanah.
2.4
Penjualan Komputer dan Accesorisnya
@gs Komputer
menjual berbagai macam accesoris seperti flashdisk, earphone, cooling pad, vga card, mouse tarikan, usb hub,
tinta suntik/ tinta botol, modem, cardridge printer, computer cable, cardreader, ram, vga, Keyboard, LCD cleaner, cd rom/dvd rom, speaker, power supply,
hardisk, dan lain-lain. @gs Komputer juga menjual komputer rakitan yang
biasanya dirakit sendiri oleh anak magangan/ penulis atau dibantu dengan
teknisi dan biasanya konsumen harus memesan terlebih dahulu karena biasanya
barang tidak ready.
2.5
Pelayanan Service Kepada Konsumen
@gs Komputer melayani service komputer baik di toko maupun
di luar toko, terkena biaya tergantung dari kerusakan pada komputer yang
dialami juga terkena biaya antar sebesar Rp. 50.000. Terkadang @gs men-service
komputer di luar yaitu di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di
Jalan Pahlawan. Terkadang juga mengerjakan service
di toko, tergantung dari kerusakannya jika service laptop bila yang rusak hanya software-nya saja/install ulang dapat dikerjakan, tetapi
bila sudah terkena perangkat hardaware-nya
biasanya @gs men-service-nya diluar /
dikembalikan sesuai dengan merek laptop
/ netbook yang di-service.
2.6 Peraturan dan Tata
Tertib
@gs Komputer ada sebuah peraturan agar karyawan displin dan
tanggung jawab terhadap pekerjaan yang digelutinya salah satu peraturan yang
ada di industri adalah bahwa setiap karyawan datang maksimal jam 08:30 WIB bila
terlambat akan dikenai sanksi berupa peringatan ataupun sebuah denda lalu juga
ada absensi setiap kali masuk.
2.7 Denah Lokasi
Berada didaerah Majapahit Semarang dekat dengan kampus Wearness
kira-kira empat rumah dari kampus tersebut lalu tepatnya berada di Jalan
Majapahit No.410. Berikut adalah gambar denah yang dibuat penulis.
2.8 Administrasi Teknik
Tempat Prakerin penulis merupakan suatu usaha yang bergerak di
bidang penjualan komputer, accesoris, service komputer dan yang
berhubungan dengan komputer, selain itu industri tempat penulis melaksanakan
prakerin juga membuka jasa service panggilan.
Berawal dari order pesanan barang konsumen diberikan bagian
pengelolaan uang dan barang-barang atau menerima buku penjualan untuk dicatat
sebagai transaksi untuk membuat nota penjualan dan membuat salinan dinota untuk
diberikan kepada konsumen. Konsumen akan mengeceknya dan kemudian
konsumen akan menerima barang yang diinginkan.
2.9 Teknik Pelaksanaan
Berikut adalah job description, tugas dan
jabatan-jabatan yang ada di @gs Computer :
1.
Pimpinan
a. Bertanggung jawab untuk memimpin perusahaan.
b. Bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai
harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang dan
mengeluarkan order pembelian kepada pemasok sesuai dengan keadaan persediaan
barang.
2.
Bagian Administrasi dan Kasir
a.
Membuat semua laporan baik yang masuk yang keluar, mencatat dan
mengarsipkan data-data, menerima dan mencatat uang masuk dan keluar berdasarkan
ketentuan yang telah ditetapkan.
b.
Bertanggung jawab untuk memasarkan produk yang dijual perusahaan
dan juga bertanggung jawab atas segala transaksi penjualan yang terjadi di
dalam Perusahaan.
3.
Teknik
a.
Bertanggung jawab untuk pemeliharaan.
b.
Perbaikan didalam perusahaan dan juga untuk diluar perusahaan
(pelanggan).
2.10
Pelaksanaan Kegiatan di Industri
Berikut ini pelaksanaan kegiatan
penulis selama belajar di @GS Komputer Semarang :
1.
Minggu 1 : Mengecek monitor, UPS, megidentifikasi motherboard , merakit PC.
2.
Minggu 2 : Merakit PC,
menginstal windows xp, mengecek laptop, memasang UPS, menginstal OS,
menginstal aplikasi, mengoperasikan Hiren’s.
3.
Minggu 3 : Troubleshooting,
men-stock barang.
4.
Minggu 4 : Menginstal
Windows 7, online.
5.
Minggu 5 : Mengoperasikan
aplikasi.
6.
Minggu 6 : Mengopersasikan
aplikasi.
7.
Minggu 7 : Men-service
komputer.
8.
Minggu 8 : Men-stock
barang, service di luar (meng-instal office 2007, meng-instal office 2003, instal antivirus
seperti instal eset av, instal smadav, instal ccleaner, instal
adobe reader).
9.
Minggu 9 : Mengoperasikan aplikasi standart.
10. Minggu 10 : Service
di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di Jalan Pahlawan, meng-instal
windows xp, meng-instal aplikasi standart seperti (instal
office,instal smadav, instal ccleaner).
11. Minggu 11 : Service PC diluar (meng-instal ulang windows xp,meng-instal driver
printer,meng-instal aplikasi standart seperti (instal office,instal
smadav, instal ccleaner).
12. Minggu 12 : Meng-instal di Subdinas Kepengawasan
pada CPU (intel Pentium 4 CPU 2.00 Ghz). Instal ulang windows xp,
meng-instal aplikasi standart seperti (instal office,instal
smadav, instal ccleaner). CPU pentium4 2.40 Ghz = Ganti
motherboard , ganti Vga Card, Instal ulang windows xp, instal
aplikasi standart, sharing printer.
13. Minggu 13 : Di Subdinas Kepengawasan lantai 3 pada CPU
Pentium 4 2,40 Ghz = ganti hardisk
40 GB, instal ulang windows xp, instal winrar, instal smadav rev 8.9 pro,
instal ccleaner, instal mozilla firefox, google chrome dan menginstal browser
lainnya, instal office 2003, ganti power supply, instal wimanp,
instal winrar, instal foxin reader, instal net framework 3,5 SPI, instal eset
14. Minggu 14 : Izin KBT.
15. Minggu 15 : Membuat laporan magang, online, troubleshoting
PC, meng-update smadav, instal
aplikasi avira.
16. Minggu 16 :
Membuat laporan magang.
2.11
Macam-Macam Pekerjaan
Macam-macam pekerjaan yang dilakukan penulis selama di
tempat prakerin sangat bermacam-macam yaitu :
1.
Troubleshooting
Penulis
mencoba untuk mengidentifikasi kesalahan pada PC, seperti bila PC mati
disebabkan karena apa.
2.
Membersihkan komponen pada PC
Membersihkan
komponen pada PC saat merakit ataupun
saat melakukan troubleshooting walaupun terlihat tidak penting namun
kebersihan pada komponen PC juga
mempengaruhi kecepatan atau kinerja PC
dan sangat mempengaruhi kerusakan PC.
3.
Perakitan PC
Membersihkan
PC, penulis juga diberi tugas untuk
merakit PC Sebelum meng-instal
ulang sebuah PC , instruktur prakterin
mengajarkan dan menganjurkan pada penulis untuk mem-backup data, agar data yang penting bagi pelanggan tidak hilang
atau bila sebuah OS terlanjur rusak atau tidak bisa dijalankan kita menggunakan
bantuan program Hirenboot.
4.
Meng-instal OS
Meng-instal
di tempat prakerin penulis juga diajarkan bagaimana cara menginstal OS tapi
yang sering dilakukan adalah meng-instal windows xp dan windows 7.
5.
Menginstal Software
Banyak
pelanggan yang meminta untuk menginstal software di tempat penulis
melaksanakan prakerin ataupun saat men-service diluar seperti men-ginstal
Ccleaner, Browser (Mozilla Firefox), meng-instal Microsoft Office (dari
office 2003-2007),men-ginstal Winrar, meng-instal Winamp, serta berbagai macam software
pada umumnya yang digunakan untuk kepentingan pelanggan.
6.
Mengoperasikan Software
Instruktur
prakerin penulis telah mengajarkan bagaimana cara untuk menggunakan software
yang dapat menunjang performa komputer ataupun software untuk
pekerjaan/hiburan, sebagai contoh menggunakan Hirenboot.
7.
Ikut Men-service Langsung di Tempat Pelanggan
Beberapa
hari pada saat penulis melaksanakan prakerin, instruktur prakterin mengajak
penulis untuk langsung men-service ditempat pelanggan , seperti di Dinas
Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan di Jalan Pahlawan.
8.
Mengoperasikan Aplikasi
BAB
III
LANDASAN
TEORI
Zaman globalisasi atau modern ini teknologi
berkembang dengan pesat. Dulu semua orang menggunakan alat ketik manual sebagai
media tulis. Sekarang sudah dikembangkan menjadi seperangkat komputer dengan
teknologi yang lebih canggih daripada mesin ketik manual. Tidak hanya itu,
semua peralatan yang berhubungan dengan komputer pun ikut berkembang termasuk
program – progam yang ada. Bertambah canggihnya suatu komputer (hardware-software)
pasti memiliki kelemahan yang dapat berdampak pada PC atau laptop kita menjadi lambat. Identifiksasi awal saat ingin mengatasi troubleshooting
antara lain dengan memperhatikan hardware dan software.
Selanjutnya, mengecek piranti-piranti yang ada pada PC.
3.1 Pengertian PC
Pengertian Komputer dilihat dari
beberapa aspek mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Istilah komputer mempunyai
arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer)
diambil dari bahasa Latin computare
yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Namun secara umum komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input , mengolah input
, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori
komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara
otomatis.
Gambar 3.1 Komputer
3.2
Jenis Komputer
3.2.1 Komputer Analog
Komputer analog digunakan untuk
mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka,
melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan,
tekanan dan sebagainya. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan
atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses
pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah
sakit untuk mengatur denyut jantung. Kelebihan komputer analog adalah
kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung
mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih
cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada
besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal. Kekurangan
jenis komputer ini terletak pada ketepatannya bila dibanding dengan komputer
digital.
Gambar 3.2 Komputer Analog
3.2.2 Mikrokomputer
Macam-macam mikrokomputer :
1.
Komputer rumah (home komputer).
2.
Komputer pribadi (PC).
3.
Server.
Gambar 3.3 Mikrokomputer
3.2.3 Minikomputer
Komputer mini adalah komputer yang
kemampuan mengolah datanya berada pada level sedang. Kapasitas prosesornya
sangat besar dan digunakan untuk kebutuhan multiuser, yang memungkinkan
akses oleh beberapa pengguna dalam waktu bersamaan ke sistem operasi atau
aplikasinya.
3.2.4 Mainframe Komputer
Mainframe adalah istilah teknologi
informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari
komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas
komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh
banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Gambar 3.4 Mainframe Komputer
3.2.5 Superkomputer
Mainframe yang memiliki kekuatan
pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak
komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam
riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan
militer.
Gambar 3.5 Super Komputer
3.3 Cara Kerja Komputer
3.3.1 Memori/RAM
RAM (Random Access Memory) dalam komputer berfungsi sebagai alat
penyimpanan data yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna
komputer ketika menggunakan sebuah aplikasi.
Sebagai gambaran agar mudah
dimengerti, saat komputer dihidupkan, prosesor mengambil data dari harddisk .
Akan tetapi, umumnya harddisk lamban untuk menyediakan data yang diminta
oleh procesor, sehingga di sini dibutuhkan kehadiran RAM untuk membantu
penyediaan data yang diminta memori berfungsi untuk menyimpan
data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang
terlambat.
1. Tercepat : Chace Memory
dan Main Memory.
2. Terlambat : Sekunder Memory.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus
membaca instruksi dari memori utama, agar intruksi dapat dilakukan secara cepat
maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan
akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Terdapat
konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki
lebih tinggi.
Gambar 3.6 Memori/RAM
1. Jenis-jenis RAM
a. EDO RAM (Enchanced Data Output RAM), dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1) Mesti dipasang berpasang-pasangan.
2) 1 notch (alur pada kaki RAM).
3)
Digunakan pada komputer lama (90an).
Gambar 3.7 EDO RAM
b. DDR RAM (Double Date Rate RAM), dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1) 184 pin.
2)
I notch.
3)
Kelajuan : 266 Mhz (PC2100), 333 Mhz (PC2700), 400 Mhz (PC3200).
Gambar 3.8 DDR
c. DDR II, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1) 240 Pin.
2) 1 Notch (tetapi berbeda dengan DDR, lubang notch ke kiri sedikit).
3) Kelajuan : 533 Mhz (PC4200),
667 Mhz (PC5300), 800 Mhz (PC6400).
4) Kapasitas Maksimum : 2 GB.
Gambar 3.9 DDR II
d. DDR III, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1) 240 Pin.
2) 1 Notch ( tetapi berbeda dengan DDR dan DDR 2, lubang notch
lebih kekiri lagi ).
3) Kelajuan :133 Mhz (PC10666).
4) Kapasiti Maksimum : 4 GB.
Gambar 3.10 DDR III
3.3.2 Pemrosesan
Unit Pengolah
Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan
dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , Output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan
berkaitan.
3.3.3 Masukan dan Hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Perangkat input
berfungsi sebagai media yang menjadi
antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer
dapat mengerti instruksi dari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan
jenis dari perangkat input/Output terutama dengan perkembangan sistem
artificial intelligence dimana komputer dan manusia dapat berkomunikasi
secara lebih interaktif.
Output yang dihasilkan dari
pengolahan pada komputer dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk. Tulisan
(huruf, kata, angka, karakter khusus dan symbol-simbol). Image (grafik atau
Gambar). Suara dalam bentuk musik atau suara lainnya. Bentuk yang dapat dibaca
oleh mesin, dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh
komputer.
1. Macam macam
perangkat input :
a. Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri
tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari 0-9, karakter khusus seperti @, %, *,
!, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain F1-F12, tombol windows. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan
perintah ke sistem komputer. Bentuk Keyboard pada awalnya meniru dari
bentuk tombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari Keyboard saat ini
sama persis dengan mesin ketik.
Gambar 3.11 Keyboard
b. Mouse
Mouse merupakan peralatan input yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer
pada layar komputer.
Gambar 3.12 Mouse
c. Pen Input
Pen input merupakan
jenis perangkat input yang
berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk
memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di
komputer daripada menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk
menulis atau menggambar.
Gambar 3.13 Pen Input
d. Scanner
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar,foto,tulisan)
untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, Handy
Scanner (dipegang dan digerakan dengan tangan), dan Flatbed Scanner
(serupa mesin fotokopi).
Gambar 3.14 Scanner
e. Barcode Reader
Biasa digunakan di supermarket untuk membaca label barang.
Gambar 3.15 Barcode Reader
2. Macam macam perangkat Output :
a. Monitor
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan
hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau
monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang
hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi,
sehingga kualitas gambar yang dihasilkan juga lebih bagus.
Gambar 3.16 Monitor
b. Printer
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas
sehingga bisa dilihat dan dibaca. Ada tiga jenis
printer yang dikenal luas, yaitu Dot-Matrix Printer, Inkjet Ptinter, dan Laser
Printer.
Gambar 3.17 Printer
c. Speaker
Mendengarkan hasil rekaman yang sudah ada atau disimpan didalam
komputer, atau mendengarkan musik dari CD, MP3 atau game.
Gambar 3.18 Speaker
3.3.4 Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas
bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah
sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik.
Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya.
Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui
sebagai bahasa mesin komputer. Orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat
tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis
oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa
bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa
tingkat rendah) : di sisi lain, bahasa seperti prolog didasarkan pada prinsip
abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat
tinggi).
3.3.5 Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU
dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit
Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas
beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian
besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk
menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar
berbeda dari model di atas di satu hal utama
mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara
bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer yang dipakai sebagian besar untuk
maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan
dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan,
dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer
dimatikan.
3.3.6 Program
Program komputer adalah daftar
besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam
tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah
itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada
tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram.
"Programmer baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas
biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah
itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke
sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu
program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan
melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke
sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat
ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara
program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan.
Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama
yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware
berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang
mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.
Macam-macam software :
1. Software Games
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment
atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis.
Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (massive multiplayer online
games), first-person shooters, action games, roleplaying games dan
game perualangan.
2. Software Driver
Program ini mengijinkan kpmputer untuk dapat berinteraksi dengan
perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner dan video cards.
3. Software Pendidikan
Berbeda dengan jenis program sebelumnya, software
pendidikan ini dapat mengajarakan apapun dari kpmputer, melakuakn aktifitas
yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnua
seperti kimia.
4. Media player dan Pegembangan Software
Media
Software yang dibuat untuk dapat memainkan
atau mengedit media digital seperti music atau video.
5. Software Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih
produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas
produktif lainnua.
Contoh dari software ini adalah softwre pengolah huruf (ms
words), software pegatur database, software presentasi dan
beberapa software lainnya.
6. Operating sistem
Software yang merupakan sumber dari software
lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya berjalan.
Contoh dari operating sistem ini adalah windows, mac os dan
linux
3.3.7 Sistem operasi
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating
system : OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya
perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat
lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak
sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat
menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi
boot diri.
Waktu berbagi jadwal tugas sistem
operasi untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup
akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan
sumber daya lainnya.
Fungsi-fungsi perangkat keras
seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi
bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras
komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat
keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi
yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer dari ponsel dan
konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux,
Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
3.4 Bagian-bagian Komputer
3.4.1 Perangkat keras
Macam-macam perangkat keras :
1. Hard drive
Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track,
sektor, dan cluster . Sistem operasi komputer mencatat sektor
berdasarkan cluster -nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada
setiap cluster dan mencatat
alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual
File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan
mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan. Oleh sebab itu, VFAT berisi
setiap nilai pada setiap cluster yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster
berada. Terkadang sistem operasi
menganggap sebuah cluster sebagai
cluster yang sedang dipakai,
meskipun pada saat itu cluster tersebut tidak berisi file apapun. Hal ini
dinamakan lost cluster , dan pengguna dapat membebaskan cluster tersebut (yang berarti dapat menambah ruang
hardisk) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows.
2. CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk
menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih
dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk
(1,4 MB).
CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin
(polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.
Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada
permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang
berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh
lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah
yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian
Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut
kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi
menjadi data digital. Penulisan data
pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk
ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis
memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.
3. DVD (Digital Versatile Disc)
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan
menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar
daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang
banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga
menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu
3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.
Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan
CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan
rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang
dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih,
yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu :
DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali
penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang
kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca
DVD-ROM disc.
4. Floppy Disk
Floppy Disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri
dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas
Double Density (DD) dan High Density (HD).
Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan
1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes
(untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang
cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan
penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks,
karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk
dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.
3.4.2
Perangkat Lunak
Macam-macam Perangkat Lunak :
1. Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac
OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program
di atasnya, koordinasi input , Output , pemrosesan, memori, serta
instalasi software.
2. Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem
operasinya.
BAB IV
PEMBAHASAN
Zaman modern ini, penggunaan komputer sudah sangat
familiar. Segala umur dapat mengoperasikannya. Penggunaan juga sering tak
memperhatikan cara-cara perawatan pada komputer sehingga kadang-kadang dapat
menyebabkan komputer menjadi mati dan tidak dapat hidup dikarenakan terdapat
masalah/problem yang orang awam kadang tidak mengetahui itu dan kita sebagai
calon teknisi masa depan diharapkan dapat mengatasi problem itu. Perawatan pada
komputer sangatlah penting karena jika melalaikannya akan dapat mengganggu
optimalnya kerja dan bahkan menyebabkan komputer yang kita pakai menjadi mati
meskipun itu barang baru kita seharusnya sebagai SDM yang berkualitas kita dapat
menggunakan barang itu sebaik-baiknya meski barang itu bekas bila kita dapat
merawatnya dengan baik/sesuai dengan aturan komputer yang kita gunakan dapat
awet dan sebaliknya bila barang itu baru, bila kita tidak dapat merawatnya
dengan baik dapat menyebabkan barang itu rusak bahkan komponennyakan atau
komputernya mati. Perawatan pada komputer agar tidak mati sangatlah penting dan
berkaitan dengan materi yang penulis akan bahas yaitu Troubleshooting PC karena jika melalaikannya dapat mengganggu
komponen-komponen pada komputer. Banyak hal sebenarnya dari yang sangat
sederhana hingga yang membutuhkan obyek-obyek pendukung agar dapat menjaga
hidupnya komputer anda. Gangguan-gangguan yang sering terjadi dapat menyebabkan
komputer terganggu bahkan menyebabkan matinya komputer, kita tidak boleh
menyepelekan gangguan yang terjadi meski gangguan itu kecil dan kita
mengganggapnya tidak penting, prepsesi itu salah besar karena dari hal kecil
akan menjadi hal besar. Gangguan pada komputer sering terjadi karena kurangnya
perhatian pengguna komputer dalam penggunaanya, ini tidak mungkin dapat
menyebabkan komputer mengalami kerusakan-kerusakan serius khususunya hingga
komputer menjadi mati. Maka dari itu penulis akan membahas bagaimana cara
merawat, Troubleshooting komputer agar tidak menyebabkan komputer itu
mati ataupun rusak. Dalam bab pembahasan ini kita akan membahas tentang Troubleshooting
dan meng-upgrade PC yang mati, sebelumnya penulis juga akan
membahas cara pencegahan agar komputer tidak mati dengan melakukan perawatan.
4.1 Perawatan PC
Perawatan sangat penting fungsinya untuk PC , komputer itu hampir sama seperti
manusia, butuh perawatan dan kasih sayang, bila kita sering melakukan
perawatan, maka komputer kita sehat dan terlihat bersih. Berikut langkah yang
dapat kita lakukan mengenai cara perawatan yang benar terhadap PC kita
1.
Defrag adalah salah satu cara yang paling sederhana
tetapi membawa dampak yang besar bagi komputer kita.
Defrag
itu sendiri
adalah suatu proses merapikan data pada harddisk
untuk mempercepat pemrosesan data
dan meng-optimaslkan kecepatan kerja komputer. Bisa juga
dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk . Proses Defrag ini, biasanya dilakukan pada sistem operasi
Windows agar meng-optimalkan kinerja pada harddisk . Memang, para
pengguna Windows harus rutin men-Defrag harddisk mereka agar kinerja pada harddisk tidak lemot.
Men-Defrag harddisk juga merupakan salah satu kegiatan maintenance
komputer dalam hal ini me-maintenance
isi harddisk menggunakan suatu software
yang disebut dengan software disk Defrag menter. Software Disk Defrag
menter ini berfungsi untuk meng-organize
isi harddisk kita agar jumlah
file yang ter-fragmentasi di dalamnya
menjadi berkurang.
File-file yang ter-fragmentasi adalah file-file yang terpisahkan oleh suatu jarak di
dalam harddisk kita, jarak-jarak
tersebut bisa terjadi karena kita menghapus file-file di dalam harddisk kita atau karena kita meng-uninstall aplikasi-aplikasi, jadi
kegiatan men-Defrag harddisk ini tujuannya adalah untuk menghilangkan jarak
antar file-file tersebut agar waktu aksesnya menjadi lebih cepat. Waktu akses
bisa menjadi semakin cepat karena dengan semakin sedikitnya jarak antar
file-file tersebut maka putaran head harddisk untuk mencari file yang dimaksud pun akan
semakin berkurang.
Software untuk men-Defrag hardisk cukup banyak salah
satunya adalah diskeeper, perfecrdisk,
auslogiscs disk Defrag dan obit
smart Defrag tetapi kita juga dapat menggunakan program
bawaan windows tidak perlu menambahkan aplikasi.
|
2. Ventilasi yang cukup.
Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian
rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup
lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan
sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat
panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu
usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm.
Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
3.
Pakailah UPS atau stavolt.
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati
secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan hardisk rusak. Kalau terpaksa
tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya
tegangan listrik.
UPS adalah kependekan dari Uninteruptable Power System yaitu batere dengan inverter yang
berfungsi sebagai penstabil tegangan dan penanggung daya untuk beberapa waktu
saat padam listrik.
4.
Bersihkan debu yang menempel pada motherboard
dan peripheral lain.
Bagian dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil
untuk sudut dan celah yang sempit, lakukan juga pada power suply dengan
membuka Casing /box power suply terlebih
dahulu dan memperhatikan solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang.
5.
Gunakan udara bertekanan tinggi
(kompressor)
Peripheral benar- benar bersih dari debu atau cukup dengan hair
dryer (pengering rambut). Lalu atur suhu rendah supaya peripheral tidak
meleleh Lepas dan pasang kembali soket soket peripheral. hal ini untuk menjamin
koneksi sempurna pada konektor-konektor peripheral. Cukup sekali saja setiap
melakukan perawatan PC . Tapi ingat
jangan menggunakan cairan kontak Cleaner
dalam membersihkan soket-socket konektor peripheral karena cara tersebut tidak
sesuai. Cairan Contact Cleaner sulit sekali kering dan justru
membuat debu menempel
6.
Perhatikan pemasangan motherboard
dan peripheral lainya
7.
Ada skrup yang kurang atau kendor. lengkapi dan kencangkan
skrup-skrup tersebut.
8.
Sesuaikan OS dan aplikasi dengan
spesifikasi kmputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pda Hardisk. ini akan
memperberat kinerja komputer Buatlah partisi hardisk yang proporsional . misal hardisk 250GB dengan
space used C tidak lebih dari 10GB akan lebih baik jika kita buat 3 partisi
dengan 50 GB untuk C , 100GB untuk D ,dan 100GB untuk E .Dengan demikian akses
untuk system dan loading data akan lebih cepat.
9. Jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali komputer anda
dirancang untuk Game. kalau memang maniak game gunakan saja playstation.
10. Gunakan antivirus yang
selalu update jika perlu setiap hari update, dengan adanya antivirus
akan membantu merawat PC kita dari virus-virus yang sangat merugikan
11. Gunakan pendingin ruangan untuk PC agar suhu tidak terlalu panas.
12. Lakukan instalasi ulang OS dan aplikasi jika
dirasa perlu.Tapi jangan sering dilakukan install ulang karena dapat
menyebabkan harddisk nya menjadi rusak disarankan menginstal 3 bulan
sekali
13. Seringlah membersihkan sampah di Recycle Bin Selalu melakukan back
up pada data yang dirasa penting
14. Jangan terlalu lama membiarkan komputermu tidak terpakai (tidak
pernah dihidupkan sekali dlm waktu lama), paling tidak minimal setiap hari
kmputer dhidupkan 1s/d 2jam, hal ini untuk menghangatkan bagian dlm CPU.
15. Hindarkan komputer dari guncangan , getaran dan hentakan apalagi
saat kompter menyala, hal ini sangat berbahaya karena dpt mengakibtkan
kerusakan fatal pada hardisk
16. Komputer yang membutuhkan
perawatan biasa. seperti akses yang
mulai melambat, sering macet/hang. sering scaning drive C setiap saat
komputer dihidupkan , blue screen memory ,bobolnya antivirus, aplikasi
yang sering error atau tidak berjalan seperti seharusnya dan hal
hal lain yang membuat pengguna tidak
nyaman dengan kinerja kmputernya. Langkah-Langkah membersihkan file prefetch :
MASUK EXPLORE - masuk C:/ Windows/prefetch - select all (Ctrl-A) - Dell
Langkah-Langkah membersihkan file temporary : masuk explore - masuk C:/
windows/temp-select all - Dell setelah ke2 langkah dilaksanakan jangan lupa
membersihkan file di recycle bin Untuk membersihkan file chokies anda dapat
menggunakan Software Cleaner.
4.2 Kondisi Yang Perlu Diketahui dari Komponen
dan Perawatannya
4.2.1 Casing
Casing komputer
jarang mengalami gangguan karena fungsinya hanya sebagai tempat atau pelindung
dari komponen komputer. Sehingga kondisi yang perlu diperhatikan terletak pada
kekuatan dan keindahan case komputer. Selain itu dalam sebuah case masih terdapat beberapa kompunen seperti fan,
saklar dan led indikator. Mengetahui kondisi dari komponen ini perlu dilakukan
pengecekan langusng di dalam case komputer. Perlu diperhatikan kabel saklar dan
led perlu ditata atau diikat dengan rapi, kebersihan dari case perlu diiperhatikan
karena case sangat mudah kotor dari debu dan sarang
serangga. Kotoran
tersebut selain menggangu keindahan juga dapat berdampak jelek pada fan dan
komponen lain pada motherboard . Sehingga perlu dilakukan pembersihan
secara rutin. Alat yang digunakan untuk membersihkan case komputer cukup dengan
kuas atau dengan penyedot debu mini. Bagian sudut terutama bagian depan perlu
diperhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat hentakan terutama pada bagian
kabel untuk tombol saklar. Pada bagian belakang yang perlu dibersihkan adalah
pada bagian ventilasi atau tempat
fan. Karena disinilah debu semua mengumpul akibat hembusan angin yang dibawa oleh fan.
Gambar 4.2 Casing
4.2.2
Disk drive
Mengetahui kondisi diskdrive dapat dilakukan dengan mencoba
memasukkan disket. Pastikan disket yang digunakan adalah disket yang bagus dan
sudah di coba di diskdrive yang masih bagus. Hasil dari pembacaan disket dapat
diamati dari lama tidaknya membaca disket dan suara yang dihasilkan ketika
membaca disket. Jika pembacaan file cepat dan suara yang dihasilkan halus maka
Disk drive dipastikan masih bagus. Dan jika suara yang dihasilkan sangat keras
dan sering mengalami kegagalan dalam membaca file, diskdrive sudah mengalami
gangguan sehingga perlu dilakukan pengecekan. Satu hal lagi yang perlu
diperhatikan dalam diskdrive yaitu lampu indikator dari disk drive. Lampu
indikator ini hanya menyala jika sedang mengakses diskdrive saja. Jika
diketahui lampu diskdrive tidak menyala saat mengakses floppy atau menyala
terus walaupun tidak mengakses floppy maka dapat dipastikan diskdrive mengalami
gangguan.
Macam-macam Disk Drive :
1. Floppy Drive
Floopy drive atau Disk drive merupakan
komponen komputer yang digunakan untuk penggerak floopy atau disket sebagai
media penyimpan data.
Disk drive sangat
mudah terkena debu atau kotoran yang terbawa oleh disket sehingga dapat
menganggu fungsionalitas disk drive. Gejala-gejala yang muncul akibat Disk
drive kotor adalah disket tidak dapat dibaca dan kadang-kadang error .
Cara untuk membersihkan Disk drive cukup dengan disk Cleaner.
Langkah-langkah pembersihannya
adalah sebagai berikut:
- Operasikan sistem komputer.
- Masukkan disk Cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke driveA.
- Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A. Karena piringan disket diganti dengan kertas tisu yang diberi cairanpembersih maka head akan tersentuh oleh tisu tersebut sehingga akan membersihkan head dari kotoran debu atau kotoran yang lain.
Gambar 4.3 Floppy Disk
2. CD-Rom dan CD-RW
Mengetahui kondisi CD ROM atau CD RW masih baik
atau tidak,dapat dilakukan dengan memasukkan CD. Dengan memperhatikan kecepatan
membaca file dan suara yang dihasilkan ketika membaca sebuah CD dapat diketahui
CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak. Suara yang bising dan kadang ada suara
“krak” perlu diperhatikan kondisi dari CD-ROM atau CD-RW sudah mengalami gejala
kerusakan pada bagian mekanik. Sedangkan jika CD mengalami gangguan ketika
membaca CD dapat diakibatkan oleh optik kotor atau mengalami kerusakan.
Masalah yang sering mengganggu pada
CD-Rom dan CD-RW terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang digunakan
untuk membersihkan optic atau lensa dari debu atau kotoran lain adalah dengan
menggunakan CD Cleaner. Prinsip kerja
dari CD Cleaner mirip dengan disk Cleaner, hanya bentuknya saja yang
berbeda.
Langkah-langkah pembersihannya
adalah sebagai berikut:
a.
Operasikan sistem computer
- Masukkan CD Cleaner, CD Cleaner akan berputar dan sikat atau sirip yang melekat pada disk atau piringan akan menyikat optic atau lensa pada CD-Rom atau CD-RW.
Gambar 4.4 CD-ROM
4.2.3 Expansion Card
Expansion Card
merupakan komponen tambahan yang terpasang pada komputer. Expansion Card dapat
berbagai macam jenis dan fungsinya
Contoh Expansion Card adalah seperti card LAN, soundcard, tv
tunner, VGA Card dan masih banyak lagi. Sedangkan menurut jenisnya terdiri dari
PC I, ISA, dan AGP.
Perawatan Expansion Card, perlu diperhatikan kaki-kakinya dari
pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain. Perawatannya
cukup dengan cairan pembersih korosi atau dengan menggosok dengan karet
penghapus. Selain itu perlu juga dipastikan Expansion Card terpasang dengan
kuat dan sempurna.
Kondisi
secara umum yang perku diketahui pada Expansion
Card adalah posisi Expansion Card
yang telah terpasang dengan sempurna pada PC
a slot ISA atau PC I dengan
benar. Jika komponen ini telah terpasang dengan benar maka komponen tersebut
akan terdekteksi oleh sistem, dan selanjutnya tinggal menginstall driver yang
sesuai. Komponen yang sudah dikenal oleh sistem akan otomatis terdeteksi dan dapat digunakan oleh sistem PC .
VGA Card atau sering disebut display adapter adalah komponen
komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam
layar monitor.Masalah yang sering timbull dalam VGA Card adalah panas yang
berlebihan, sehingga untuk mengurangi panas yang berlebihan perlu diperhatikan
heatsink dan fan nya.
Sebagai perawatannya perlu dilakukan pembersihan dari debu atau
kotoran yang lain. Guna membersihkan fan dan heatsink cukup dengan kuas kecil
karena fan pada VGA Card juga kecil, sehingga harus disesuaikan dengan ukuran
fan nya. Selain itu VGA Card sering bermasalah pada fan yang berisik atau
berbunyi dengan keras. Masalah ini bersumber pada fan yang tidak kencang atau
putaran fantidak stabil. Selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang
tidak kuat sehingga tidak dapat menopang fan dengan baik. Guna mengatasi hal
ini dapat dilakukan dengan membersihkan, dan mengencangkan posisi fan dengan
tepat sesuai dengan posisinya.
Kondisi
yang perlu diperhatikan untuk VGA Card yaitu
dengan memperhatikan putaran fan pada chipset VGA Card tetap lancar tanpa ada bunyi yang berisik. Sedangkan untuk
sisi software dapat digunakan tool direct X, dengan tool ini
dapat diketahui ada trouble atau tidak.
4.2.4 Memori
RAM
perlu dilakukan perawatan agar selalu bekerja dengan optimal.Gangguan pada RAM
terletak pada konektor atau kaki-kakinya, dimana jika RAM sering dilepas dan
tersentuh oleh tangan dapat menyebabkan korosi bahkan RAM dapat rusak akibat
listrik statis.
Gambar
4.5 Membersihkan RAM
Membersihkan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan dapat dilakukan
dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus dengan
cara menggosokan pada kaki RAM. Selain itu juga perlu diperhatikan pemasangan
pada slot RAM, perlu dipastikan RAM tertancap dengan sempurna karena jika
tidak, makaselain RAM tidak terdeteksi oleh sistem juga dapat mengakibatkan
kerusakan RAM.
4.2.5 Power Supply
Perawatan
yang perlu dilakukan untuk merawat Power Supply adalah dengan memperhatikan kelancaran pada Power
Supply, karena inilah yang mampu mengurangi panas pada Power Supply. Selain itu
perlu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer tegangan, karena
dengan alat ini akan meringankan kerja dari Power Supply sehingga akan
mengurangi panas yang dikeluarkan oleh Power Supply.
Gambar 4.6 Power Supply
4.2.6 CPU
Processor memerlukan pendingin sangat
ekstra. Pendingin prossessor terdiri dari heatsink
dan fan pendingin. Processor
merupakan komponen yang paling panas sehingga perlu dimonitor setiap saat.
Perawatan pada Processor
adalah dengan memperhatikan tata letak fan sehingga udara dapat berputar dengan
lancar. Kemudian perlu dipilih fan Processor
dengan putaran yang tinggi ( minimal 5400rpm) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan penghantar panas
yang baik, seperti tembaga dan aluminium. Jika sering melepas Processor jangan lupa untuk selalu
mengoleskan silicon grease agar penghantaran panas lebih lancar.
Kondisi
CPU yang perlu dipantau adalah penggunaan resource dan suhu pada Processor
tersebut. Suhu Processor dipengaruhi dari heatsink dan fan yang digunakan.
Kondisi heatsink harus dipastikan menempel erat dengan processor, sedangkan
untuk fanharus dipastikan dapat berputar dengan lancar dan memiliki
puratanminimum 5400 rpm. Satu hal lagi yang sangat penting adalah penggunaan
tegangan pada prosesoor atau sering disebut VCORE.VCORE harus dalam lingkup
toleransi, karena jika tegangan kurangatau lebih akan bermasalah pada CPU,
semua kondisi di atas dapatdilihat dalam BIOS khususnya pada menu hardware monitor
atauuntuk motherboard tertentu sudah
menyediakan tool untuk memantau kondisi dari suhu dan tegangan processor.
Gambar 4.7 Processor
4.3
Identifikasi
Penyebab dan Beberapa Cara Mengatasinya
1.
Penyebab
- Komputer terlalu Panas atau overheat
Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa
peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer saat ini
dirancang untuk mematikan atau me-reboot
secara otomatis jika komputer, processor,
atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar
ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi,
ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer Anda.
- Masalah kesalahan/kerusakan hardware
Akan dibahas lebih lanjut dengan pengecekkan pada
setiap komponen hardware.
- Virus komputer / OS-nya
2.
Masalah dengan sistem operasi.
Setelah mengikuti setiap rekomendasi di atas
komputer masih terus mati sendiri,
kemungkinan anda mengalami masalah sistem operasi Microsoft Windows yang sulit
dijelaskan.
Reboot
komputer dan masuk CMOS setup sebagai komputer boot. Jika Anda tidak terbiasa
dengan cara memasukkan CMOSSetelah Anda telah membuka komputer di CMOS setup,
biarkan komputer beberapa saat.
Komputer tidak
mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka
kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft
Windows.
3. Cek Komponen-komponen Komputer
a.
PowerSupply
b.
Motherboard
c.
Speaker
d.
RAM
e.
VGACard+Monitor
f.
Keyboard Analisa Tampilan
g.
CardI/O
h.
Diskdrive
i.
Disket
4.3.1 Analisa Pengukuran
Tahapan ini, pendeksian dengan cara mengukur tegangan
listrik pada komponen a sampai b tersebut di atas. Gunakan alat bantu seperti
multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen
tersebut.
Contoh : Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply, kalau mengukur tegangan
yang diberikan oleh Power Supply ke
komponen lainnya apakah tegangan pada Power
Supply tersebut berlebih atau tidak bila berlebih dapat menyebabkan
kerusakan pada komponen dan bahkan menyebabkan komponen-komponen yang ada di motherboard
menjadi mati.
4.3.2
Analisa Suara
Tahapan ini pendeteksian
masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat
kita dengar lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasang
dengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor d dan e. Guna
mempermudah pengenalan kode suara tersebut, maka simak keterangan berikut.
Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot
dengan baik. Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada
konfigurasi atau setting pada CMOS. Bunyi beep panjang 1 kali dan
pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM. Bunyi beep panjang 1 kali
dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali,
artinya ada masalah pada Keyboard. Bunyi beep panjang 1 kali dan
pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS. Bunyi beep panjang
terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).Beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas). Kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS.
4.3.3 Analisa Tampilan
Tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah
karena letak permasalahan dapat diketahui pesan error yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak
permasalahan ada dikomponen huruf f sampai j.
Contoh : Saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard
Error , maka dapat dipastikan letak permasalahn hanya pada Keyboard
4.3.4 Cara Cepat Mengenali Troubleshooting
Apabila terjadi masalah dan sistem
masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep
1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen f sampai j,
yaitu pada keyboard, card I/O, disk drive dan disket. Apabila
terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali,
maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen huruf d dan e, yaitu RAM, VGA Card dan monitor. Sedangkan untuk
masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep,
kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen huruf a dan b, yaitu Power
Suplly dan Motherboard .
Kondisi
yang perlu diperhatikan dalam motherboard
adalah suhu dan fungsionalitas sistem itu sendiri. Suhu motherboard
dapat diketahui dari hardware monitor atau mengunakan tool bawaan motherboard.
Sedangkan fungsionalitas sistem dapat diketahui dengan melihat tampilan hasil
pada device manager.
Cara membuka device manager
untuk mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang sudah terinstal dikomputer
milik kita
1. Klik Start –> Klik Kanan My Computer
–> Properties
|
2. Saat muncul kotak dialog System
Properties, Klik pada Tab Hardware
|
3. Lalu Klik Device manager,
lalu akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini.
|
4.3.5 Mengatasi dan Mendeteksi Kerusakan Pada
Komputer yang Mati Total
Nyalakan
Komputer terlebih dahulu dan lihat tanda-tanda dari penyebab dari matinya
komputer dengan mengecek satu-satu pada komponen-komponen komputer sebagai
berikut :
1. Power
Supply
Cek Kabel,
mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel
Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke komputer. Pastikan pemasangannya
telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup, bila perlu coba
dengan Power Supply yang lain yang
memilikii daya yang lebih besar sehingga dapat men-supply daya yang
cukup pada komputer, lalu coba Power
Supply tersebut pada komputer lain apabila komputer lain tetap bisa menyala
berarti Power Supply bukan penyebab
dari matinya komputer.
2. Kipas Processor
/ VGA
Kipas Processor / VGA berputar, tetapi
komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS
motherboard atau motherboard memang sudah rusak atau mungkin BIOS perlu di
update dan mungkin juga memori atau device lain yang belum terpasang dengan
sempurna. Bila kipas processor mati
coba ganti dengan kipas processor
lainnya yang hidup.
3. RAM/VGA
Bila masih
belum berhasil coba lepaskan Ram dan VGA lalu nyalakan computer dan perhatikan
apakah terdengar bunyi BIP dari computer/mainboard anda, jika tidak periksa
apakah speaker pada mainboard berfungsi. Bila tidak ada respon kemungkinan motherboard
memang sudah rusak.Tapi tunggu dulu
apakah layar komputer merespon ram dan vga bila monitor tidak meresponnya
berarti dimungkinkan RAM atau VGA Card-nya,
lalu coba ganti RAM atau VGA dengan RAM dan VGA yang masih hidup bila komputer
hidup berarti penyebab komputer mati adalah RAM-nya atau mungkin bisa jadi VGA Card-nya coba lepaskan kabel yang
menghubungkan ke VGA Card lalu
pasangkan kabel VGA Card dengan VGA onboard
bila ternyata komputer menyala berarti
penyebab matinya komputer adalah VGA Card
karena ram dan vga itu berhubungan dengan tampilan di layar monitor, lalu
ada alternatif lainnya yaitu dengan coba memindahkan RAM dan VGA ke komputer
lainnya untuk memastikan apakah RAM dan VGA
Card itu masih hidup atau tidak.
4. Motherboard
Bila komputer
tidak hidup selanjutnya cara yang paling mudah adalah dengan melepaskan semua
kabel data yang terhubung ke motherboard diantaranya adalah kabel data Hardisk dan
CD/DVD Rom dan Floppydisk beserta kabel power-nya, setelah itu hidupkan.
5. Disk drive
Cek
kabel-kabel yang tersambung dari motherboard maupun dari Power Supply dan kencangkan kabel-kabel yang saling terhubung satu
sama lain.
6. Processor
Umumnya komponen yang satu ini jarang dilepas kecuali jika
melakukan upgrade, hal ini yang sering menyebabkan debu banyak menempel
dikaki dan socket processor,
bersihkan saja dengan Vacum Cleaner
berserta sirip pendingin dengan kipas processor
lalu pasangkan kembali processor
ditambah dengan cairan yang biasa disebut dengan thermal paste untuk processor yang berbentuk seperti gel dan
hidupkan m-komputer anda. Karena biasanya komputer mati, juga bisa disebabkan
oleh proseccor ini karena bila suhu processor
panas dan melebihi suhu akan menyebabkan processor
rusak dan harus disertai dengan sistem pendingin yang baik atau juga bisa
dengan menganti fannya dengan fan yang baru, lalu bila komputer mati sama
sekali, semua lampu indikator tak satupun yang menyala. Logika pertama yang
harus dimiliki adalah bahwa komputer hanya bisa nyala jika ada suply listrik.
Pengecekan dengan langkah-langkah berikut :
a. Prosedur 1. Apakah listrik di rumah nyala alias, ketika
menyalakan komputer di siang hari dan komputer tidak mau hidup, jangan dulu
langsung mengutak-atik kabel power suply. Pastikan terlebih dahulu bahwa
listrik di rumah Anda tidak sedang bermasalah.
b.
Prosedur 2. Jika prosedur 1 diatas
sudah dipastikan tidak bermasalah maka berarti penyebab komputer tidak mau
nyala bukan karena listrik tidak ada. Langkah selanjutnya, yang bertanggungjawab adalah kabel listrik power
suply dan power suply itu sendiri. Periksa kabel listrik power
suply dan kalau perlu dites dengan multimeter untuk memastikan bahwa kabel
tersebut tidak putus.
c.
Prosedur 3. Tes Power suply. Jika kabel power suply sudah
dipastikan baik, maka yang harus di periksa selanjutnya adalah power suply itu
sendiri. Pastikan bahwa power suply tidak masalah misalnya apakah
kabelnya pada Mainboard terpasang dengan tepat, jangan sampai longgar dll.
Catatan : Jika kipas power suply tidak jalan dalam pengetesan biasa,
tidak berarti bahwa power suply pasti rusak.
d.
Prosedur 4. Periksa tombol power pada komputer. Jika sudah
dipastikan power suply masih baik, maka langkah selanjutnya adalah
periksa semua tombol yang bertugas menylut listrik pada CPU antara lain
: * Tombol Power utama (model lama). * Power switch penyulut power suply (biasanya
dibagian depan komputer). * Power mengaktifkan strip daya, gelombang pelindung,
atau UPS (jika Anda memilikinya).
e.
Prosedur 5. Periksa mainboard. Jika langkah 1-4 diatas tidak juga
menyelesaikan masalah, barulah kita memasuki Mainboard untuk diperiksa.
Pastikan bahwa semua kabel perangkat keras lain terpasang secara tepat pada
mainboard terutama kabel Output dari power suply. Jika ada yang Anda curigai,
sebaiknya dicabut dulu lalu dipasang kembali dengan meyakinkan.
f.
Prosedur 6. Periksa Processor.
Jika Anda sangat yakin bahwa Mainboard sudah tidak ada masalah dan komputer
masih mogok, yang paling pertama Anda periksa selanjutnya adalah Processor. Dalam seluruh kasus yang sudah
saya temukan (power suply dan mainboard masih baik) satu-satunya
perangkat yang membuat komputer tidak bereaksi sama sekali ketika tombol power
ditekan adalah Processor. Perangkat
keras lain yang sering rusak misalnya memory dan vga tidak menyebabkan komputer
tidak bereaksi sama sekali. Jika memory atau vga rusak, tetap ada reaksi pada
komputer tetapi tidak sempurna.
g.
Prosedur 7. Maiboard rusak. Jika pada poin 6 diatas Anda sangat
yakin bahwa processor masih baik
(tentu melalui uji tes) dan komputer tidak juga ada tanggapan maka sayapun
sangat yakin bahwa mainboard. Jika ini terjadi Anda pasti sudah tahu jalan
keluarnya.
h.
Prosedur 8. Periksa monitor. Setelah melewati 7 tahap diatas,
sudah ada tanggapan dan lampu indikator CPU sudah nyala, kipas power
suply sudah jalan dan tidak ada tampilan sama sekali maka berarti masalah
ada pada seputar monitor. Pastikan listrik monitor tersambung baik. Pastikan
kabel vga menuju monitor masih baik dan terpasang baik.
i.
Prosedur 9. Kerusakan lain.
Setelah 8 langkah diatas dan komputer
sudah nyala dan sistem operasi jalan normal maka masalah selesai.
j.
8 langkah pertama diatas komputer
sudah nyala namun tidak normal misalnya hanya muncul layar biru dengan tulisan
yang tidak mengerti, maka berarti masih ada kerusakan lain.
BAB V
PENUTUP
PENUTUP
Bagian ini akan disampaikan beberapa kesimpulan dan
saran yang dapat penulis sampaikan setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri
di @gs Komputer Semarang. Kesimpulan yang dapat dibuat penulis dibawah ini
merupakan kesimpulan mengenai topik laporan yang telah diuraikan pada bab-bab
sebelumnya.
5.1 Kesimpulan
Setelah penulis menguraikan
laporan sebagai hasil pengalaman Prakerin, maka penulis dapat menarik
kesimpulan, yaitu :
1.
Saat melakukan troubleshooting
bagian terpenting adalah jangan sampai kita salah memprediksi
kesalahan yang ada pada PC karena dapat mengakibatkan komputer menjadi rusak.
2.
Men-troubleshooting merupakan pekerjaan yang lumayan sulit
karena setiap komponen kita harus cek satu satu agar kita mengetahui letak komputer
rusak atau lambat.
3.
Melakukan troubleshoting kita membutuhkan banyak peralatan
karena bila komponen yang kita pasang salah malah komputer akan menjadi lebih
lambat ataupun bisa menyebabkan komputer rusak.
4.
Setiap komputer yang akan di-troubleshooting kita harus
memahami macam tipenya dulu agar saat kita akan memasang komponen tidak salah
pasang karena bila salah pasang dapat menyebabkan matinya komputer.
5.2 Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan setelah melakukan
praktek adalah
1.
Hindari dalam men-troubleshooting PC dalam keadaan
berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh ke peralatan yang sedang
kita perbaiki tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply
maka terjadilah hubungan pendek dan rusaklah komponen-komponen yang telah
perbaiki.
2.
Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin processor
yang ada termasuk chipset, karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang
dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita
harus meng-ground-kan diri kita dengan cara memegang casing saat power
telah dihidupkan. Menghindari hal ini juga ditujukan agar tidak mengotori kaki
pin komponen dengan kotoran yang ada di tangan kita.
3. Jangan sampai kita salah memasang komponen, harus
disesuaikan dengan tipenya masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
3. Troubleshooting hardware dan software,
http://cyberiptek.blogspot.com/2009/01/troubleshooting-hardware-dan-software.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
4. 5 Cara Mengecek
Komputer Mati Total, http://www.gemamandiriweb.com/artikel/121-5-cara-mengecek-komputer-mati-total, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
5. Pengertian browsing dan manfaatnya,
http://amr23.blogspot.com/2010/08/pengertian-browsing-dan-manfaatnya.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
6. Pengertian Browsing dan
Contoh Browser, http://bungurnews.blogspot.com/2011/01/pengertian-browsing-dan-contoh-browser.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
8. 4
Langkah Troubleshooting Komputer Yang Mati, http://jawarakampung.blogspot.com/2011/06/4-langkah-troubleshooting-komputer-yang.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
9. Cara
Merawat Komputer dan Tips Perawatan Komputer atau PC,
http://oprekzone.com/cara-tips-merawat-perawatan-komputer-pribadi-pc/, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
10. Macam-Macam
Hardware Serta Fungsi dan Troubleshooting, http://ekoprasetio.wordpress.com/2010/02/08/macam-macam-hardware-serta-fungsi-dan-troubleshooting/, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
11. Tips Troubleshooting
Komputer yang Tidak Menyala, http://www.bmp.net.id/Tips_Troubleshooting_Komputer_yang_Tidak_Menyala,99.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
12. Troubleshooting Komputer, http://indra-lg.puz.su/posting/belajar-komputer/troubleshooting-komputer.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
13. Troubleshooting Komputer, http://www.scribd.com/doc/86449534/Troubleshooting-Komputer#download, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
14. Troubleshooting
Komputer, http://troubleshootingkomputer.blogspot.com/2008/02/troubleshooting-komputer.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
15. Troubleshooting
Pada Komputer, http://chacaatmika.blogspot.com/2012/04/troubleshooting-pada-komputer.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
16. Troubleshooting
Merakit Komputer , http://ngapak.eurogoo.com/t219-troubleshooting-komputer, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
18. Tips Troubleshooting
Komputer yang Tidak Menyala, http://www.bmp.net.id/Tips_Troubleshooting_Komputer_yang_Tidak_Menyala,99.html, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
19. 5
Cara Mengecek Komputer Mati Total, http://www.gemamandiriweb.com/artikel/121-5-cara-mengecek-komputer-mati-total, 05 Mei 2012, 16:00 WIB
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskak gmna tu klau kita mau ganti background blog kita
BalasHapussmoga kakak mau menjawabnya
wiw...
BalasHapusmkasih atas informasinya,,,
contoh laporan ini sangat bermanfaat bagi saya???